Tuesday, January 21, 2020

We're off to Johor & KL (final)

Ga terasa liburan 8 hari 7 malam kami akhirnya berakhir jg. Saking ga niat dan ga sempetnya mikirin oleh2, gw dan mas baru beli di pagi hari sebelum kami pulang. Hasil penelusuran si Bapang, Giant di Sungei Wang Plaza sudah buka sejak pukul 8 pagi. Maka kesitulah tujuan kami setelah sarapan nasi lemak plus teh tarik hangat di tempat yang sama seperti hari sebelumnya. Giant di sini ga terlalu besar, jd belanjanya pun ga napsu2 amat2. Ga kyk pas di Mustofa dulu. Kami ambil oleh2 seadanya aja.

Begitu sampai di apartemen, anak2 diajak bapaknya utk renang di lantai paling atas gedung apartemen. Gw ga ikutan krn hrs packing2. Jd ga ada foto sama sekali. Wkwkwkwkwkwkw. Ketauan ya ibunya yg selalu jd juru foto. Habis itu mandi dan check out deh. Kami ke KLIA naik grab yg 6 seater krn bawaan yg segambreng.

Ketika kami sampai di KLIA, loket check-in KLM blm buka. Ya udah nyoba check-in sendiri di Kiosk yang banyak disediakan. Eng ing eeeeeeng...ada surprise lagi dooong. Ternyata tiket kami adalah yg tipe non bagasi. Kalau mau beli bagasi biayanya 185 ringgit per satu buah koper dengan berat maksimal 23kg. Lhaaaa kan KLM full service flight. Koq bisaaa? Langsung gw kontak Teguh selaku orng yg bookingin gw tiket itu. Dia jg aviation geek bgt, jd pasti paham lah gini2. Eh dia pun kaget. Katanya KLM biasanya akan ksh bagasi 23kg per orang. Dia dan gw pun ceki2 di apps tiket.com tempat kami booking tiket itu. Ga ada sama sekali pilihan utk beli bagasi ataupun notif bahwa tipe tiketnya yg non bagasi. Si bapang ngecek langsung dr website KLM dan menemukan bahwa skrng KLM punya beberapa tipe tiket. Tipe light disebutkan memang ga ada bagasinya. Setelah masukin kode booking kami di website itu baru ketauan deh bahwa bookingan kami adalah utk yg tipe light. Beteeee bgt. Yowis mau ga mau hrs beli bagasi. Kami check-in di counter dengan masukin 1 koper yg paling besar. Awalnya berat koper ini 25kg, namun berhasil kami kurangi jadi 23kg. Biayanya 184 ringgit dan kami bayar pakai kartu kredit krn uang tunai kami yg tersisa ga sampai segitu banyaknya. Gw sempet mengeluhkan bahwa di apps tempat kami booking ga ada info sama sekali tentang tipe tiket tanpa bagasi ini. Tapi sepertinya petugas2 itu ga terlalu peduli *sigh...

Ada satu koper lagi dan satu travelling bag yg awalnya mau kami masukin bagasi jg (kalau memang ada allowance-nya). Namun dengan bayar2 ini akhirnya mo kami masukin kabin ajah. Petugas counternya menawarkan agar kami masukin dua item itu dalam bagasi supaya kabinnya ga terlalu penuh. Katanya kalau beratnya di bawah 12kg maka free of charge. Setelah ditimbang, koper dan travelling bag itu masing2 ga sampai 12kg. Akhirnya semua bs ikut dibagasikan tanpa tambahan biaya.

Selesai urusan di imigrasi, kami makan siang di Burger King dan sholat. Waktu cepat bgt berlalu, tiba2 kami udah harus masuk gate ajah. Semua dilalui tanpa ada insiden apa2. Yg agak aneh pas mau mau masuk gate perlu lepas sepatu. Terus terang gw ga pernah mengalami ini siyy, jd heran aja. Habis itu naik ke pesawat deh.

Anak2 begitu hepi krn bisa naik pesawat yg menyediakan entertainment. Selama ini kan selalu naik budget airline. Kesian bgt yaah. Akibat ibunya terlalu ngirit sih. Wkwkwkwkwkwkw... Inilah wajah2 bahagia di pesawat.

Inilah pengeluaran kami di penghujung liburan kami.

Sarapan RM21,2
Oleh2 RM250
Grab ke KLIA RM115
Bagasi RM184
Lunch RM64
Grab ke rumah Rp250rb

Setelah ditotal, pengeluaran kami utk liburan ke Malaysia ini mirip2 sama pas ke Singapura. Thanks to kesalahan booking dan mendadak beli bagasi. Hahahahaha. Memang yah, jd orang ga boleh terlalu perhitungan. Akhirnya malah rugi bandar. Btw, ketika baru sampai di rumah, Mas Rama dan Mas Dewa langsung nanya, "Habis ini kita liburan ke mana lagi Bu?" Wkwkwkwkwkwkw... pening kepala ibunya krn tabungan mengering pasca liburan.