Saturday, January 4, 2020

We're off to Johor & KL (Part 2)

Setelah menanti2 akhirnya sampai di hari H liburan. Horeeeeee... Fyi, anak2 baru kami kabari sehari sebelum keberangkatan. Ini permintaan mereka sendiri. Katanya supaya ga kelamaan nunggu. Gw rasanya duuhh gatel bgt pengen ngasih tau krn pastinya mereka akan seneng bgt denger kabar itu. Tp yasudlah, utk mewujudkan permintaannya anak2, gw menahan diri. Packing pun diam2 supaya rahasianya tetap terjaga. Wkwkwkwkwkwk...

Alhamdulillah malam sebelum berangkat semuanya bisa tidur, ga kyk pas mo ke Singapura. Jam 2 pagi gw bangunkan utk siap2. Bawaan kali ini ga sebanyak saat ke Singapura krn mempertimbangkan pas ke sana dulu itu akhirnya banyak pakaian yg ga terpakai. Selain itu, kami ga bawa banyak makanan dan snack krn harga makanan di Malaysia mirip2 aja kyk di Indonesia. Yg kami bawa cm indomie, 4 porsi beras, abon, dan sambel. Utk menahan lapar di perjalanan gw cuma siapkan roti dan satu tabung pringles.

Inilah keceriaan kami saat berangkat.

Ehhh ga sengaja malah ketemu keluarga temennnya Dewa yg bernama Al. Mereka naik pesawat yg sama seperti kami krn mau liburan ke Singapura. Jd kami sama2 terus deh sampai lihat rain vortex-nya Jewel. Sebelum ke rain vortex, kami titip koper2 dulu di bagage storage yg ada di mal Jewel. Yg kami titip adalah 1 koper besar dan 1 koper kabin. Menurut penjaganya, semua dianggap masuk kategori koper besar (BIG). Kami titip selama 3 jam.

Setelah puas lihat air terjun, kami makan di Burger King dan lanjut naik bus TS1 utk nyebrang ke Johor. Tempat nunggu busnya ada di Terminal 1, Coach Bay B dan C. Alhamdulillah dekat dengan rain vortex. Begitu kami sampai kebetulan busnya udah ada dan langsung berangkat. Tiket busnya 10SGD utk dewasa (Rama udah dianggap kategori dewasa) dan 5SGD utk anak2. Ini hrs dibayar cash ke supirnya langsung dan pakai uang pas krn supir ga nyediain kembalian. Krn sepi (saat berangkat dr Changi penumpangnya cm 8 orang), kami bs leluasa pilih tempat duduk. Akhirnya pilih duduk di paling belakang supaya bisa sama2.

Perjalanan dari Changi ke Woodlands Checkpoint (imigrasi Singapura utk ke Johor) ditempuh kira2 dalam 40 menit. Sepanjang jalan busnya berenti bbrp kali utk ambil penumpang. Kami semua tidur di bus krn cape dan ngantuk akibat bangun terlalu pagi.

Tiba di Woodlands Checkpoint, kami turun dari bus dengan semua barang bawaan kami. Ini krn proses melewati imigrasi ga tentu waktunya sementara bus cm bisa nunggu maksimal 15 menit. Jd bisa aja setelah dr imigrasi nanti kami naik bus yg beda (tapi ga perlu bayar tiket lg, cukup nunjukin tiket awal). Makanya, barang bawaan hrs diangkut sekalian. Alhamdulillah imigrasi Singapura dapat dilewati dlm waktu yg cukup singkat dan kami bisa naik bus yg sama utk nyebrang ke Johor. Tp kali ini busnya udah penuh, jd hrs empet2an kyk di metromini Jakarta. Hahahahaha.

Nyebrang ke Johor ga sampai 15 menit. Tujuan akhir kami adalah balai imigrasi Malaysia. Nah disini yg penuuuuuh minta ampun. Antrinya kurang lebih 45 menit. Betari aja sampe ketiduran digendongan bapaknya. Setelah melewati itu, kami jalan ke JB CIQ utk naik grab.

Kira2 jam 4 lewat, kami sampai di apartemen. Semuanya sama persis kyk yg di foto. Anak2 hepi deh tuh langsung oprek2 mainan. Ini foto2nya.

Gw suka bgt krn unit apartemen ini dilengkapi dengan detail2 kecil yg penting tp ga umum disediain di tempat menginap utk publik gini. Contohnya cup utk sikat gigi dan odol, kursi kecil di kamar mandi utk anak kecil yg mau cuci tangan atau sikat gigi, perlengkapan makan anak, dan rak2 penyimpanan di tempat2 yg relevan (di kamar mandi disediain rak utk taro obat2an atau kosmetik, di sebelah pintu ada rak sepatu, ada wadah utk nyimpen kunci, gantungan utk baju kotor tp yg masih mau dipakai, dll). Bahkan ada juga rak sendal jepit yg berisi sendal jepit ukuran anak2 sampai dewasa. Luar biasaaaaa. Two thumbs up deh utk yg punya apartemen. Kalau bisa dikasih 10 bintang gw mau deh. Per malam juga ga mahal, cm sekitar 800rb.

Yg awalnya kami mau jalan ke mal utk beli telur, buah, dan jajanan anak2, akhirnya ga jadi. Rasanya mager gitu, pengen selonjoran aja. Akhirnya gw masak nasi utk dimakan bersama abon dan sambel. Mas Rama makan kentang goreng, ayam, dan sisa burger dari Burger King. Alhamdulillah semua happy dan healthy di hari pertama ini. Semoga gitu terus sampai nanti2. Amiiin..

Inilah uang yg kami keluarkan hari ini:

Grab ke Soetta, Rp250.000
Sarapan Soto Kudus, Rp209.000
Bagage storage, SGD12,5
Burger King, SGD47,5
Bus ke JB, SGD40
Grab dari CIQ mal ke apartemen, RM30

Sebelum berangkat, Bapak nuker 2.000 ringgit dan 100 dolar Singapura. Gw msh punya 12 dolar dari perjalanan bulan Juni lalu. Dengan pengeluaran2 di Singapura hr ini, saldo SGD gw balik ke saldo awal lagi. Hahahaha.