Monday, May 18, 2009

Si Mbok Gado-Gado

Pada senin sore yang indah 2 minggu yang lalu tiba2 mas ngomong gini, "Sayang bikin gado-gado doong.. Kan mas suka bgt gado-gado..."

Saat itu gw ga langsung mengiyakan. Gw berpikir cepat tentang tingkat kesulitan utk bikin si gado-gado. Setelah gw yakin bisa, baru deh gw bikin pengumuman ke mas, "Besok malem menu kita gado-gado". Mas langsung nyengir bahagia. Hihihi...

Nah setelah itu, karena terbukti bahwa gado-gado bikinan gw ga kalah enaknya ama bikinan tukang gado-gado di jakarta, mas selalu minta dibuatin. Gw sih oke2 aja. Kan isinya sayuran semua. Jadi itu bisa jadi kesempatan untuk mas makan sayur mayur yang biasanya dia benci bgt.

Bikin gado-gado itu gampang tapi ribet. Gampang krn bumbunya cuman kacang tanah, gula merah, cabe rebus, garem, n asem jawa. Bagian untuk gw biasanya gw kucurin jeruk limo. Ribetnya?? Ya segala perintilan2nya itu. Telur rebus, lontong, krupuk, tahu goreng, bawang goreng, sayuran rebus, bla...bla...bla... Belum lagi klo si mas minta side dish-nya tahu isi. Waaah, klo gw harus bikin gado-gado dan tahu isi mulai dari scrap, bisa2 gw berdiri di dapur 4 jam non-stop. Hiyyyy capenya ga kebayang deh. Apalagi perut lagi buncit gini. Tapi tetep deh gw bela2in demi suami tersayang. Hihihihi....


Itu foto gado-gado yang gw bikin untuk dinner kemarin malem. Sayurannya gw usahain selengkap mungkin, yaitu kacang panjang, ketimun, kol, kecambah, dan kangkung. Pelengkapnya krupuk udang, telur rebus, tahu goreng, dan bawang goreng. Si mas maunya makan gado-gado pake lontong. Jadi gw bikin lontongnya sekalian. Seperti biasa side dish-nya tahu isi lengkap dengan cabe rawit. Meski gw udah punya persediaan filling utk si tahu, tetep aja perlu hampir sejam utk nyiapin sampe si tahu isi mateng dan bisa dimakan. Sementara makannya?? Ga sampe 5 menit booo.. Hahahhaa... Mas itu udah kyk monster pemakan tahu isi. Jadi mo gw gorengin sebanyak apapun pasti abis dalam sekejap. Sering kali gw malah ga dikasih sama sekaliiii. Tapi akhir2 ini gw mengurangi porsi tahu isi yg boleh dimakan si mas. Meski gw bikin raw-nya dalam jumlah banyak, gw cuma akan goreng sekitar 5-6 buah per serving. Sisanya masuk ke kulkas gw yg udah kyk maze itu saking penuhnya. Dulu2 gw mau gorengin banyak. Tapi pada suatu pagi mas berkata, "Kayaknya mas kebanyakan makan gorengan deh. Tenggorokan mas sakit. Nanti dikurangin ya sayang..." No problem for me lahyau... Tapi setelah gw kurangin si mas malah selalu komentar, "Eneng-eneng peliitt...!!". Haiyaaaa.... dasar om-om yang aneeeh....

Sooo...skrng gw kyknya menambah profesi baru sebagai si mbok gado-gado. Wkwkwkwkw...Tapi gapapa deh. Worthed bgt. Selain bisa makan sehat dan bikin suami bahagia, gado-gado bikinan gw juga bisa jadi obat pas lagi kangen ama kampung halaman...^^

ps. Gw ga posting resepnya krn beneran deh gampang bgt. Klo elo suka makan gado-gado dan pernah merhatiin tukangnya pas bikin, naah itu sama persiss, ga ada rahasia apa2 lagi. hihihihi...

-the wife-

No comments:

Post a Comment