Thursday, April 15, 2010

cooking spree

Awal bulan ini gw dan mas menganalisa posisi keuangan kami (beuh... mentang2 akuntan jadi bahasanya aneh begitu...). Soalnya udah berbulan2 nih tabungan kami jauh banget dari target. Setelah dievaluasi, keliatan deh pos2 mana aja yg bikin boros, dan salah satunya adalah begitu seringnya kami sekeluarga makan di luar alias dine out. Iyalah, sekali makan untuk berdua bisa abis minimal 300rb vnd (asumsinya adalah makan di garden cafe yg notabene termasuk yg murah bgt plus ga pesen minum soalnya disediain es teh gratis...). Soalnya mas hobi bgt makan daging, jadi klo dine out pasti dia pilih steak dan kentang gorengnya pake nambah segala. Klo bukan steak bisa dijamin dia akan pilih menu daging2an yg lain kyk sauteed beef, beef cubes, beef stir with garlic.. Padahal menu daging gitu pasti harganya relatif premium dibanding menu yg lain kan.

Ya udah deh, kita mencoba mengkoreksi dine out yg keseringan itu. Gw juga berhasil bikinin mas sauteed beef dan beef with garlic yg dia suka bgt. Nah, minggu lalu mas tiba2 ngajak bikin steak di rumah. Gw menyanggupi. Kyknya sih beda2 tipis sama bikin sate. Mungkin malah lebih gampang krn ga perlu bikin bumbu kacang. Gw merinci bahan2 apa aja yg diperlukan untuk bikin steak, yaitu daging sapi yg empuk (gw ga tau bagian mananya. Yg pasti tiap kali pesen ke pak aziz gw selalu minta yg paling bagus dan empuk), barbeque sauce, dan kentang goreng untuk temen makan steak. Daging masih ada di freezer, tinggal beli barbeque sauce dan kentang gorengnya. Maka pas mas keluar utk nonton Clash of a Titans bareng putu, gw titip deh dua hal di atas. Sekalian titip salmon juga utk makannya rama. Hehehehe...

Sepulangnya dr bioskop, kami mulai masak deh. Lalu dimakan bareng2 putsky. Hasilnya maknyuuuss meski ga ada pepper sauce-nya. Udah dicari di supermarket tp ga jual. Kata mba neta adanya di annam gourmet. Nanti2 deh dicari. Yg pasti kami puas bgt krn bisa bikin steak yg rasanya ga kalah sama steak restoran. Total costnya?? Muraaaaah bgt. Per orang paling cuma ngabisin 50rb vnd alias 25rb rupiah. Klo di jakarta mungkin bisa dapet ya steak dengan harga 25rb rupiah(di resto steak obonk, or resto bamboo...). Tapi klo di sini sih dapetnya cuma dalam mimpi. Hihihihi...

Dengan hasil yg memuaskan gitu, mas jadi bersemangat bikin steak ayam. Akhirnya dua hari kemudian kami bikin steak ayam untuk menu makan malam. Lebih gampang dan lebih murah lagi. Hehehehe... Kapan2 gw pasang fotonya yaa. Kmrn itu terlalu lapar dan terlalu semangat makanya sampe lupa difoto... :D

Gw sendiri juga jadi semangat bikin2 makanan untuk diri gw sendiri (yg biasanya males ga ketulungan..). Pada suatu malam, kira2 jam 2 pagi abis nyusuin rama, gw ga bisa tidur lagi. Terbayang2 deh tuh bihun soup yg dulu sering gw makan pas kuliah di KL. Kyknya bikinnya gampang deh. Maka esok harinya, gw masak bihun soup utk makan siang gw. Memang gampang dan rasanya mantaaap.. Ini fotonya. Mirip2 bihun instant yaa. Tp ini versi sehatnya lhooo. Lihat aja sayurannya banyak begitu. Dan super pedeeees supaya lebih makyuuss.. Hehehehe..



Oh iya, seperti yg gw bilang di posting yg sebelumnya, pos lain yg bikin tabungan kami jebol adalah makan siangnya mas. Maka untuk kembali ke posisi pengiritan, sejak 2 minggu lalu gw mulai masak lunch box lagi untuk mas. Jadi kesibukan gw dimulai sejak pagi2 deh. Bangun tidur jam 7 lalu masak untuk lunch majikan dan bikin bubur untuk majikan kecil. Mas lagi program diet, jadi sarapannya cuma teh hangat dan biskuit gandum. Sedangkan gw sendiri sarapannya oat dan susu kedelai. Hehehehe... lumayan jd mengurangi kerjaan memasak sarapan... Jam 9 helper gw yg namanya aisyah datang utk bersih2 sedangkan gw bikin jus utk rama. Akhir bulan ini kami mo cek lagi posisi keuangan kami. So far sih udah banyak yg dihemat. Mudah2an bisa bertahan. Amiieen...

*bagi yg suka msasak dan jadi laper gara2 postingan gw ini, mohon maaf ga bisa ksh resep. Pertama, ini bukan blog masak memasak. Dan kedua, bikinnya gampang bgt sampe gw malu mo posting resepnya. hihihihi...

-the wife-

No comments:

Post a Comment