Wednesday, April 28, 2010

-cerita bulan ke-7 rama-


Kanjeng pangeran kecil beberapa hari lagi udah 8 bulan..!! Gw dan mas sering ngomong berdua, kyknya baru kemarin deh kami nikah. Eeeh..sekarang udah punya monster kecil yg suka usil. Hihihi...

Sepanjang bulan ke-7-nya, rama banyak sekali berkembang. Di awal bulan kami kaget bgt waktu ngeliat dia senyum2 sambil berdiri di boksnya pas bangun tidur... Haa..umur 7 bulan koq udah mulai ngerembet? Ngerangkak aja belum lancar. Hihihi... Maka selama satu bulan ini rama berusaha mastering kemampuannya ngerembet. Sekarang udah jago bgt. Dia juga udah pinter ngerangkak meskipun malesnya minta ampun. Kami perhatiin, rama ga suka merangkak ke tempat2 yg ga familiar untuk dia. Jadi sehari2 arena bermainnya cuma di ruang tamu, ruang makan, dan dapur (klo ibunya lagi masak dan dia mau deket2 ibu). Dia ga pernah mau tuh ngerangkak ke kamar or ke bagian belakang apartemen. Harus diiming2i barang yg aneh2 baru dia mau ngelangkah ke 'unchartered teritory'. Sebenernya gapapa juga siy, jadi gw ga terlalu repot ngejar dia kesana kemari...


Saat ini rama udah punya 2 gigi di bagian bawah. Duduknya pun semakin tegak dan sempurna. Dia udah bisa megang benda cuma pake jempol dan telunjuk dan bisa memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yg lain. Tapi menurut gw sendiri, achievement terbesar dia selama bulan ini adalah berhasil berenti pake empengnya. Udah 4 minggu belakangan ini rama ga pernah pake empeng lagi, termasuk ketika mo tidur. Gw memutuskan menghentikan empengnya krn gw liat makin hari rama makin tergantung sama empeng saat tidur. Udah gitu dia bisa nyari2 dan pake empengnya sendiri klo empengnya jatuh pas dia pules. Pernah suatu malam gw liat dia duduk di boksnya dengan tangan ngeraba2 ke kiri dan ke kanan utk cari empeng. Pas ketemu dia masukin sendiri ke mulutnya lalu tidur lagi...! Beeuhh... bahaya bgt kan. Maka gw langsung memutuskan utk nyapih dia dr empengnya itu. Awalnya gw rada pesimis, bisa apa engga yaa.. Kan banyak yg bilang klo udah pake empeng bakalan susah lepasnya. Tapi ternyata ga kyk gitu tuh. Sejak hari pertama rama ga ada kesulitan untuk tidur sendiri di boksnya tanpa empeng. Tiap mo tidur tinggal gw susuin aja lalu ditaro di tempat tidurnya. Klo dia masih nangis ya gw susuin lagi. Abis itu pasti bisa tidur.. Alhamdulillah...


Now goes to eating habit. Bulan ini gw memperkenalkan beberapa jenis makanan baru untuk si pangeran kecil; salmon, kacang polong, apel, melon, labu siem, bayam merah, seledri, kaldu sapi, dan keju. Kami memutuskan kasih keju lebih awal krn agak prihatin dengan berat badannya. Per 8 bulan kurang seminggu kami timbang beratnya pas 8kg. Abisnya dia aktif bgt siyy, jd sebanyak apapun dia makan tetep aja kurus. Udah gitu sebagian besar porsi makanannya rama terdiri dari sayur dan buah. Nah, keju kan full fat tuh, mudah2an sih membantu yah.. Fyi, tiap lunch atau dinner rama bisa ngabisin sampe 160gr bubur saring. Klo sarapan biasanya lebih sedikit dr itu. Kata oom putu, rama makannya seember. Wkwkwkw... Tapi udah beberapa hari nih napsu makannya berkurang. Susahnyaaa minta ampun klo disuapin. Mulutnya ditutup rapet2. Belum lagi tangannya udah pinter ngedorong2 sendok yg gw arahkan ke mulutnya. Hiiyy.. perjuangan bgt deh kasih dia makan. Tapi ternyata bukan rama aja tuh yg susah makan. Bayinya temen2 gw yg seumuran sm dia juga katanya pada mogok makan. Mungkin lagi masanya kali yah. Mudah2an aja ga lama2 kyk begini.. Bisa2 si ibu sutris beneran krn tiap waktu makan hrs perang urat sm rama...

Saat ini mandiin rama semakin gampang. Dia bisa mandi lama2 di bak mandinya, mandi main2 di ember besar, atau mandi koboy di wastafel. Semuanya disesuaikan aja sama tingkat kemalasan ibu dan bapak. Hiahahaha... Rama loves them all..! Dulu klo kepalanya disiram pasti nangis2, sekarang engga lagi dooong. Sebelum masuk ke ember besar itu dimandiin dulu sambil berdiri dan disiram pake gayung or shower. Hihihi... Yg udah bisa berdiri belagu bgt deh...

Tiap malam gw dan mas ga berenti2 bersyukur karena dikaruniai bayi yg begitu gampang diurus. Tidurnya gampang ga pake dikelonin, nangis pun hampir ga pernah. Bahkan pas tumbuh gigi pun dia ga rewel sama sekali....!! Klo dia jatuh or kejepit paling nangis krn kaget aja, abis itu udah senyum2 lagi. Kami memang ga mau membiasakan dia untuk manja. Kami tau rama bayi yg pintar, berani, kuat, dan gigih. Jadi klo sampe jatuh ketika dia lagi ngerembet or merangkak ya kami cuma kasih semangat aja untuk bangkit lagi. Banyak yg kuatir membiarkan bayinya ngerangkak or duduk di lantai tanpa karpet or kasur. Gw dan mas? Ngebiarin aja tuh. Kami cuma bilang ke rama, "Adek hati2 ya, jangan sampai jatuh. Ini lantai yg keras, klo adek jatuh nanti sakit sekali.." Meski orang2 yg denger biasanya geleng2 kepala ngeliat kami bertindak begitu, tapi kami yakin rama ngerti. Dia memang masih bayi, tp bukan berarti dia bodoh. Makin hari dia akan makin banyak belajar dan mengerti. Sikap protektif yg berlebihan tidak akan membantu dia untuk berkembang. Dengan pola asuh kayak gitu, maka ga heran gw sering menemukan memar2 atau lecet2 di badannya rama. Kata mas gapapa, toh anaknya jg ga nangis. Hihihi... Mudah2an sehat selalu ya nak... amiieeen...

-the wife-

No comments:

Post a Comment