Friday, April 2, 2010

Catatan bulan ke-6 kanjeng pangeran

Tau2 kanjeng pangeran udah masuk bulan ke 7 aja niy... Waktu bener2 ga terasa bgt deh berjalannya. Nanti tiba2 dia udah sekolah, kuliah, kerja... Huhuhuhu... *lebay bgt si ibu.. wkwkwkw..

Seperti biasa, gw mo cerita tentang progress Rama selama bulan ke-6-nya. Selasa lalu ke dokter untuk minta obat flu sekaligus konsultasi tentang konstipasi dan berat badannya si kecil yg susah bgt naiknya. Rama kan udah sebulan penuh nih makan solid food, dan sekitar 10 hari belakangan gw perhatiin poop-nya cuma seukuran buku2 jari dan tiap kali poop pasti dia mengejan sampe mukanya merah. Satu hari bisa 3-4 kali poop. Kan kasian bgt. Takutnya ada salah2 makan. Udah diusahain ditambah makan sayur dan buah (terutama pepaya) tapi tetep aja ga ngaruh. Akhirnya gw tanya ke dokter. Menurut dokter, pencernaannya cuma kaget. Katanya makanan yg gw kasih ke Rama selama ini udah bener komposisinya, jd diterusin aja. Gw juga disuruh mulai memperkenalkan yoghurt untuk membantu pencernaannya. Sampe saat ini baru 2 kali gw kasih yg rasa lychee @ satu sendok teh. Tp kyknya dia ga suka. Hihihi... Saat postingan ini dibuat, poop-nya rama sudah normal kembali. Alhamdulillah...





Berat badannya per selasa lalu (akhir bulan ke-6) cuma 7,3kg. Jelas dong gw kuatir bgt. Soalnya yg ideal sekitar 8kg. Tp menurut dokter hal itu juga ga masalah, mengingat rama termasuk bayi yg aktifnya minta ampun. Iya juga siy. Saat ini sang pangeran kecil udah bisa duduk sendiri, mulai belajar merangkak, dan gigi pertamanya hampir tumbuh. Dia seneng bgt mengeksplorasi sekelilingnya dan merhatiin hal2 kecil kyk resleting n label kain yg nempel di barang2. Lucu bgt tiap kali gw liat dia dengan tekunnya ngebolak balik resleting pake jari2nya yg kecil ituh. Hihihihi... Tidurnya pun makin pinter. Udah beberapa minggu ini rama kami taro aja di boks-nya tiap kali jadwalnya tidur. Ga pake nangis2, ga pake dikelonin, rama pasti tidur sendiri sekitar 5-10 menit kemudian.

So far Rama udah makan banyak bgt hal. Alhamdulillah blm ada yg bikin dia alergi. Makannya juga selalu lahap kecuali untuk makanan yg dia ga begitu suka. Ini nih daftar makanan yg udah pernah gw kasihin ke rama:

Karbohidrat:
1. Beras putih
2. Beras merah
3. Kentang
4. Oat (ga begitu suka)

Sayuran:
1. Bayam
2. Kangkung
3. Jagung manis
4. Labu kuning
5. Wortel
6. Brokoli

Buah:
1. Alpukat (ga begitu suka)
2. Mangga
3. Pepaya
4. Pisang
5. Pear
6. Jeruk
7. Plum
8. Aprikot nectar (ga begitu suka)
9. Apple nectar

Kacang2an:
1. Buncis
2. Kacang hijau

Protein:
1. Kuning telur (ga begitu suka)
2. Ayam cincang
3. Ikan teri tawar
4. Tahu

Cemilan:
1. Biskuit bayi
2. Roti gandum yg dipotong2 sukuran jari trus dimasukin oven

Lain2:
1. Vanilla custard (beli botolan krn gw blm bisa masaknya. hehehe)
3. Margarin
2. Yoghurt

Di minggu pertama dan kedua, gw kasih makanan yg cuma sejenis2 aja supaya rama bisa tau rasa masing2 jenis makanan dan supaya klo sampe alergi bisa terdeteksi makanan apa yg menyebabkan alergi itu. Awal minggu ke-3, gw mulai kombinasiin antara karbohidrat, sayuran, dan protein. Gw juga kasih lemak dalam bentuk margarin atau canola oil. Tiap jam 10 dan jam 3, rama makan buah atau minum jus buah. See, bayi gw makannya sehat bgt. Lebih sehat dari orang tuanya. Hiahahaha... Untuk susu, gw masih kasih ASI tanpa tambahan susu formula. Tiap hari Rama masih minum ASI sekitar 6-7 kali. Tuh kan, makan dan minum susunya banyak. Tp kenapa beratnya susah naik ya naak. Hikkkss... Ah sudahlah, toh 2 oomnya rama kan kurus tinggi kyk tiang listrik. Kemungkinan gen kurus tinggi itu menurun ke si kanjeng. Gapapa deh, drpd kegendutan malah lebih repot nuruninnya...

Bulan lalu, Rama mulai kami ajarin berenang. Untuk awal2 kami pinjem bath-tub oom putu dulu untuk ceburin rama. Ini pertama kalinya dia pake baju renang yg dibeliin bulik tiara. Makasih oom putu dan bulik tiara :D. Heboh deh, baru diceburin udah nangis2 bombay. Pdhl airnya cetek. Hihihi. Gapapa ya nak, nanti2 ibu sama bapak ngelobi karyawan swimming pool di apartemen supaya kamu bisa renang di kolam renang beneran.



Oh iya, seperti yg gw ceritain di posting sebelumnya, minggu lalu gw balik ke jakarta berdua rama. Seperti biasa rama bersikap baik selama perjalanan meski hampir ga mau tidur. Padahal flightnya pas bgt waktu tidurnya dia. Kerjaannya selama di pesawat adalah main2 sama penumpang lain, ngoceh2, dan godain pramugari...! Jadi yaa, tiap kali pramugari lewat untuk nawarin makan or minum, rama akan manggil keras2, "Isssh... issssh..." atau "Ehhhh... eehhh.." Dan klo pramugarinya nengok ke dia, dia akan kasih cengiran lebaaaar. Haiyaaaahhh... masih bayi udah genit begitu yaaa.. Pusing deh ibunya.. Begitu terus tuh sampe landing. Penumpang2 lain sampe heran krn ga denger tangisan bayi sama sekali. Pas lagi nunggu bagasi, orang asing di sebelah gw bilang, "He is trully a nice baby. Always smile and laugh to people. See, it's almost 12 at night and he's still smiling..." Yup, that's my baby boy. And i'm proud of him. Ibu luv u nak...!

Sebulan yg lalu gw bertekad ga kasih instant food ke bayi gw. Banyak rintangan dan godaannya. Tp insya allah gw tetep berupaya untuk kasih ke rama makanan buatan gw sendiri. Meski repot tp puas tak terkira. Apalagi klo liat dia makannya lahap. Ahh, terbayar sudah segala cape dan pegel2 pas nyaring bubur untuk dia. Hihihi... Gw dan mas memutuskan untuk pake helper lagi. Selain gw yg makin ga punya waktu untuk beres2 rumah (krn pekerjaan gw ditambah dengan masak makanan rama dan nyuapin dia), ternyata ga ada helper bikin pengeluaran tambah banyak. Why? Soalnya selama ini gw terlalu cape dan ga sanggup lagi bikin lunch box untuk mas. So, mas terpaksa makan di luar. Boros bgttt..

-the wife-

No comments:

Post a Comment