Monday, January 19, 2009

transfusi darah

Seperti yg gw tulis sebelumnya, adik bungsu gw masih terbaring di RS. Tiap hari gw nelponin papa atau mama utk minta info ttng perkembangannya. Hari minggu pagi gw terakhir telpon, saat itu papa lg antri utk ambil 500 cc darah di PMI. Ternyata kadar Hb fikri yg udah rendah itu makin hari makin turun aja. Mulai dari 8, lalu 7, lalu 6.4... Akhirnya dokter memutuskan utk ngasih transfusi..

Gw kira transfusi darah bisa dilakukan dgn gampang. Tinggal tes darah keluarga, lalu ambil darah yg sesuai, trus dikasih ke pasien. Tapi ternyata ga kyk gitu. Papa bilang kalaupun mau pake darah dr pihak keluarga (dlm hal ini gw tau persis bahwa golongan darah fikri sama kyk golongan darah papa), prosesnya tetap hrs dilakukan di PMI. Mulai dari tes golongan darah, tes kelayakan, sampe diambil darahnya. Dan itu makan waktu sekitar 11 jam. Jadi akhirnya papa ambil shortcut, yaitu pake darah yang udah tersedia di PMI. Iyalah...kasian fikri jg klo hrs nunggu kelamaan dengan tubuh pucat pasi...

Trombosit adik gw naik tp ga drastis. Cuma sekitar seribuan. Padahal udah berhari2 diopname. Mas bilang, mungkin virusnya masih bekerja. Nah, yg jadi persoalan adalah, kenapa kadar Hb nya turun terus? Kondisi kayak gitu kan ga biasa utk penderita demam berdarah. Menurut papa, dokter udah melakukan berbagai macam tes. Sampe tes kanker segala. Hasilnya alhamdulillah negatif. Tapi kan berarti penyakitnya belum ketemu. Hiks..sedih deh klo inget. Skrng yg bisa gw lakukan cm berdoa semoga penyakit yg diderita adik gw itu ga membahayakan dan bisa segera disembuhkan. Amiiieenn...

1 comment:

  1. Semoga Fikri cepet sembuh ya, Phi... Turut mendoakan..

    ReplyDelete