Wednesday, July 3, 2019

Singapore Trip - Part 3

Day 2
Setelah malamnya istirahat dengan nyaman, paginya kami berangkat menuju Universal Studio Singapore. Sarapan cukup dengan indomie telur yhaa. Wkwkwkwkw... Kami naik MRT dr stasiun dekat apartemen sampai St Harbourfront. Setelah itu lanjut naik kereta gantung sampai St Sentosa. Begitu turun, kami jalan sedikit ke St Imbiah utk naik kereta gantung lagi, kali ini turun di St Merlion dan lanjut ke USS naik monorail. Mungkin krn gw udah beli tiket kereta gantung maka ga perlu lg beli tiket utk masuk ke Sentosa plus naik monorailnya. Entahlah.

Sampai deh di USS. Fyi, ketika gw gugling mengenai boleh atau engga bawa snack dr luar, banyak jawaban yg cukup membingungkan. Ada yg bilang klo cm snack boleh, tp hrs snack yg rapi terbungkus. Snack yg disimpen dlm tupperware katanya ga boleh, apalagi makanan berat gitu. Dan sampe sana katanya akan diperiksa. Tp ada jg yg bilang lolos2 aja pas bawa. Ya udah gw nekat, bawa snack2 yg gw simpen dalam kantong kecil. Ternyata USS penuuuhh bgt dan ga ada pemeriksaan sama sekali. Jd menurut gw klo lg high season mo bawa apapun terserah deh. Mereka jg ga akan ada tenaga utk meriksa2.

Krn udah punya tiket maka kami bs langsung masuk. Hal pertama yg dilakukan adalah ambil peta. Di hari2 sebelumnya kami udah browsing bersama anak2 mengenai wahana apa aja yg akan dinaiki. Penting utk cari tau wahana apa yg boleh dinaiki anak2 berdasarkan tinggi minimal yg diperbolehkan. USS strict bgt utk masalah itu. Pemeriksaan tinggi badan ada di pintu masuk antrian dan di pintu ketika siap masuk wahana. Jd klo di awal diperbolehkan meski tinggi anak kurang sedikit, bs jadi pas mau naik malah ga boleh. Ini terjadi pada Betari ketika akan naik wahana Transformer Ride. Tinggi dia 101cm, sementara tinggi minimal di wahana itu 102cm. Di pintu masuk dia diperbolehkan naik. Tp setelah antri 20 menit dan udah tinggal naik doang, tingginya diukur lg. Ternyata ga boleh. Huhuhuhuhu. Kasian dia kecewa berat :(

Dr cari2 info di internet dan dari peta yg diberikan di USS kami memutuskan utk pergi ke bagian The Lost World dulu krn Mas Rama dan Mas Dewa bisa naik ke semua wahana di situ sementara Betari cm ga boleh di 1 wahana, yaitu Jurassic Park Rapid Adventure (kyk arung jeram gitu deh). Gw nemenin Betari saat Mas2 dan Bapak naik wahana itu. Tips utk disiapkan pas mo ke USS adalah bawa jas hujan dan baju ganti. Krn ada wahana2 yg emang bikin basah. Di sana jual siiih jas hujan, tp harganya pasti naudzubillah kan.

Oh iya, konon antrian di USS akan sangat nyeremin saat high season. Katanya antrian utk 1 wahana bisa 1 sd 2 jam. Weleeehh ngeri bgt. Krn takut itu maka dua hr sebelum kami berangkat si Bapak maksa beli tiket ekspres. Katanya kasian anak2 klo hrs antri lama, nanti ga enjoy dan ga bs naik maksimal. Tiket ini adalah tiket tambahan dari tiket masuk. Jd hrs beli tiket masuk dulu br bs beli tiket ekspres. Harga tiket ekspres adalah 30SGD utk naik tanpa antri satu kali di wahana2 tertentu (ga semua wahana bs pakai tiket ekspres) dan 100SGD utk naik tanpa antri berkali2 di wahana2 tersebut. Gw maleslah beli. Udah bayar 3jt utk beli tiket utama masa hrs bayar 1,5jt lagi. Tp krn didesak2 akhirnya gw cari jg tiket itu online. Ternyata harganya 1jt per orang. Saat gw browse hanya klook yg menyediakan tiket ekspres secara online. Rata2 yg nanya dimana beli tiket ekspres USS akan dijawab dengan: beli langsung di USSnya! So, kami memutuskan ga jadi beli.

Tapi meski kmrn itu rame bgt, antriannya msh make sense. Di depan setiap wahana akan diksh info brp lama perkiraan waktu antri. Utk wahana pertama yg kami naiki, antriannya bahkan cm 5 menit lhooo. Makin siang semakin rame sehingga lebih panjang antrinya. Tp setelah bbrp kali antri, gw menyadari bahwa info lama waktu antri itu adalah worst scenario. Jd klo tertulis "waiting time: 35 min" maka besar kemungkinan bahwa ga akan selama itu antrinya. Paling 15 menit. Jd anak2 ga terlalu bete nunggu. Saat kami di sana, waktu tunggu yg paling lama (berdasarkan info di depan wahana) adalah 50 menit. Ternyata kami cm antri kira2 20 menit.

Oh iya, di waterworld kami pilih tempat duduk di area yg pasti kena basah. Kenapa gitu?? Yaaa krn sering disemprot pakai pistol air atau disiram berember2 air sama aktornya. Wkwkwkwkw. Gw sih cemen, maunya pake jas hujan. Anak2 sama bapaknya ga mau pakai sama sekali, jadi ya basah kuyuuup. Tp krn cuaca hr itu puanaass pake bgt jd br jalan bbrp menit juga udah kering lg :p

Kalau ke USS bawa uang yg banyak ya. Hahahahaha. Krn makanan dan segala macam yg ada disana mahalnya minta ampun. Ga beli sama sekali pun ga mungkin, apalagi kalau anak udah ngerengek2. Penting jg utk bawa botol minum. Selain di sana panas polll, ini jg salah satu cara utk ngirit. Di sana buanyaakk bgt disediain tempat utk refill air putih secara gratis. Jd lumayan bgt ga akan dehidrasi.

Kami bener2 seharian di USS. Hampir semua wahana yg diperbolehkan untuk anak2 berhasil dinaiki. Sisanya paling yg ga terlalu menarik jg utk mereka. Jam 8 malam br kami bersiap pulang. Itu pun anak2 msh juga main air di air mancur depan USS sampe basah kuyup *tepok jidat. Menurut gw, wahana yg paling top adalah Waterworld, Transformer the Ride, dan Shrek 4-D Adventure. Yg rada nyebelin adlh keberadaan mushola yg cuma ada 1 dan keciiiil di tempat wisata seluas dan semahal itu. Bete deh. Dan krn udah malam bgt, udah ga ada monorail yg beroperasi. Jd utk balik ke stasiun MRT terdekat disediain shuttle bus. Antrinya ya Allah... apalagi tenaga udah terkuras habis setelah seharian main.

Inilah pengeluaran kami di hari kedua, yg semuanya di USS:
Botol minum dino 25
Lunch (4 combo chicken burger) 74
Es krim 13
Permen 11

Lumayan bikin kantong kering kan. Hahahahaha...

Day 3
Udah bbrp hari gw ga makan buah, dan rasanya perut jd ga karu2an. Akhirnya di hr selasa pagi Pak Bagus ngajak gw ke Mustofa Center utk beli buah. Luarrr biasaaa...toko ini buka 24 jam. Kami jalan jam 7 pagi saat anak2 msh tidur. Gw hepi bgt krn buahnya bagus2 dan murah2. Kami beli anggur hitam (500gr), jambu thailand (3 buah), apel (5 buah), dan mangga(3 buah). Habisnya ga sampe 10SGD. Macam menemukan oase setelah hr sebelumnya ngeluarin duit banyak bgt. Wkwkwkwkwkw... Setelah itu si bapang ngajak gw jalan lagi sekitar setengah kilo utk cari restoran padang "Syahrini". Hahahaha... Krn msh pagi maka menunya belum lengkap. Jd kami cm beli ayam goreng utk sarapan krn di apartemen ada sisa nasi.

Sepulang dr belanja2 itu kami menemukan anak2 msh pd tidur. Kyknya tepar bgt setelah kemarinnya main seharian. Krn agendanya agak longgar jd kami biarkan sampe mereka bangun sendiri. Jam setengah 10 kali br pada bangun. Gw menjadwalkan utk pergi ke Art Science Museum dan Gardens by the Bay utk hr itu. Krn dua tempat itu ada di satu lokasi jd gw berani jadwalin sekalian dlm 1 hari. Kyknya kami br jalan jam 11 deh dr apartemen.

Tiket Art Science Museum yg gw beli online hanya utk Future World dan Digital Light Canvas. Sebenernya ada bbrp exhibition lain, tp gw rasa yg anak2 paling enjoy cm 2 itu. Lagi2 hrs memahami tipe anak yaaa utk tau apa mana yg worth utk dicoba.

Yg paling hits di Future World adalah perosotan lampu dan lorong kristal. Sementara yg keren di Digital Light Canvas, anak2 bs mewarnai gambar yg disediakan lalu setelah discan gambarnya akan muncul di layar besar. Mereka seneeeng bgt gambarnya bs jalan2 di screen. Hahahaha. Bisa dilihat di bawah ada gambar asli dan gambar yg udah muncul di layar yg lebar.

Museum ini sepenuhnya indoor, jd ga cape sama sekali. Setelah itu kami lanjut ke Gardens by the Bay. Ini yg jalannya lumayan. Hahahahahaha. Kata si bapang kaki sampe ga berasa lagi. Gw beli tiket Flower Dome dan Cloud Forest secara online. Utk naik ke OCBC Skyway kami beli tiket lagi di sana. Ga nyesel sih krn emang seniat itu bikinnya. Bagus bgt. Yg bikin rada kecewa adalah tulip lg ga musim, jd ga ada di Flower Dome. Hiksss...

Kami late lunch di area Gardens by the Bay. Harganya biasa aja sih. Yg amat sangat bikin kesel adalah keberadaan musholla yg beneran ga layak. Saat kami gugling katanya ada di sebelah resto Texas Chicken. Tp ternyata udah pindah dan ga ada yg tau pindah kemana. Kami bs tau ada musholla krn lihat ada orng2 berjilbab keluar masuk sebuah ruangan di sebelah food court. Di depan ruangan itu pun ga ada tulisan apa2. Setelah kami buka pintunya br deh ada tulisan "praying room for staff". Ruangannya kecil, bau apek, dan ga ada tempat wudhunya. Utk wudhu kami hrs ke toilet yg jaraknya sekitar 300m. Asliiii ga akan lagi2 ke Gardens by the Bay!!

Pulangnya kami luarrr biasa capek. Tp koq ya msh mau makan nasi briyani. Jd setelah nyuapin anak2 di apartemen, gw dan mas keluar berdua. Kami beli nasi briyani di sebelah nasi padang "Syahrini". Porsinya buanyaaakk dan murah meriah. Alhamdulillah rasanya enyaaaaak bgt.

Inilah pengeluaran kami di hr ketiga:
Buah 9.5
Ayam goreng 12
Tiket OCBC Skyway 31
Lunch (burger dan combo ayam goreng) 20
Jajan anak2 20
Nasi briyani 6

Hal yg sangat membahagiakan di hr itu adalah sepulangnya kami dr jalan2, apartemen sudah dibersihkan dan bedsheetnya diganti. Ini penampakannya saat rapi dan bersih.

Gw br pertama kami nginep di apartemen, jd ga tau what to expect. Sepertinya kamar akan dibersihkan tiap dua hr sekali. Let's see lah nanti. Alhamdulillah dapat yg bagus gini di pengalaman pertama pakai airbnb.