Wednesday, July 17, 2019

Mas Dewa dan Dokter Gigi


Dari tiga anak, hanya Mas Dewa yang selalu bermasalah dengan gigi. Bukan hanya gerepes, tapi bolong sampai parah bgt. Ini terjadi sejak umurnya 3 tahun. Alhasil blm genap umur 4 udah ke dokter gigi deh. Saat itu kami bawa dia ke Dokter Spesialis Gigi Anak di rumah sakit langganan. Sebel deh, udah mihil, dokternya juga ga sabaran. Masa pake nyalah2in dengan bilang, "Ini ga bisa maksimal krn anak ibu ga bisa buka mulut agak lama ya Bu!" Lhaaa...namanya juga anak kecil yaaa. Situ klo ga paham tantangan treatment anak kecil ya ga usah ambil spesialis itu dong. Hiyyyyy sebel minta ampun. Hasil tambalannya juga ga tahan lama. Akhirnya kapok dan memutuskan ke klinik deket rumah aja.


Di klinik ini tentu adanya cuma dokter gigi umum. Tapi sabarnya luar biasa. Two thumbs up deh. Biayanya juga sangat terjangkau. Sayangnya, bolong di gigi2 Dewa udah kelewat parah. Setelah belasan kali tambal akhirnya bu dokter angkat tangan dan merujuk ke dokter spesialis gigi anak lagi dan ksh rujukan utk rontgen jg.


Baiklah, ga tanggung2, gw memutuskan utk bawa sang juragan ke RSGM FKGUI di Salemba sana. Selain peralatannya lengkap, kabarnya biayanya juga murah. Kualitas dokternya jelas ga diragukan lagi dong. Masa ga percaya sama almamater sendiri siiiih. Hahahahaha. Meski perjuangan naik keretanya ampun2an gw ga gentar demi kesehatan giginya Dewa.



Alhamdulillah memang terbukti bagus bgt pelayanannya. Dokternya baik dan sabaaar bgt. Hasilnya juga oke. Di awal, bu dokter udah bilang bahwa treatmentnya ga bs sebentar. Apalagi ini adalah rumah sakit pendidikan yg semua kegiatan prakteknya diawasi oleh pembimbing. Jd hrs dilakukan bertahap. Fyi, setelah treatment pertama, kita ga boleh go show ke sana. Perlu ada janji dulu. Dan jadwalnya juga ditentukan sama dokternya, bukan kita yg nentuin. Jd ga bisa semau kita. Kadang pengennya pas Dewa libur sekolah, tapi sering kali dokternya ga bisa. Ya udah deh pasrah. Toh kita yg perlu. Jd gw udah minta izin in advance ke sekolah kalau sewaktu2 Dewa hrs mbolos utk ke dokter gigi.


Gigi Dewa yg bermasalah adalah hampir di semua geraham. Bolongnya udah terlalu dalam dan ada di antara 2 gigi. Ini utk geraham kiri kanan, atas dan bawah. Sebagian besar juga udah pakai infeksi segala. Gigi geraham termasuk yg lama bgt ganti ke gigi dewasa, maka ga disarankan langsung dicabut. Jadi dokter berupaya membersihkan dan mematikan syarafnya terlebih dahulu agar tetap bs dipakai dan Dewa ga kesakitan lagi. Yg dicabut malahan gigi atas tengah krn gigi dewasanya udah terlanjur tumbuh di belakang gigi susunya. Namun setelah bbrp kali treatment, kyknya bolong di geraham kiri udah terlalu parah deh. Akhirnya dokter ngeluarin opsi utk cabut dan pasang alat utk menjaga ruang bagi tumbuhnya gigi geraham dewasa kelak. We'll see in the next treatment. Bu dokter minta gw mulai sounding opsi ini ke Dewa, mengingat pas cabut tempo hr kyknya trauma bgt. Ini anak yg ngambek dan syedih saat cabut gigi yg sebelumnya dan saat dikasih tau bahwa kyknya akan cabut gigi lg.


Bagaimana dengan biayanya? Asliiii terjangkau bgt. Ini kali ketiga kami datang treatment. Kalau semua diakumulasi, utk tindakan rontgen, tambal, cabut, perawatan akar gigi, dan membersihkan karang gigi, jumlahnya kyknya blm sampai sejuta. Kalau di RS swasta udah habis berapa ituu. Wkwkwkwkwkw...

Biasanya, gw cuma bawa Dewa aja ke dokter gigi krn kereta pasti penuh bgt kan tiap pagi. Tp kali ini gw nekat bawa semua pasukan. Hahahaha. Soalnya Dewa kyk enjoy bgt tiap kali diajak ke dokter gigi, udah kyk piknik gitu. Jd gw rada kasian sama Mas Rama dan Betari. Akhirnya tadi diangkut deh semua. Tp gw udah ksh disclaimer bahwa sekali ini aja diajaknya, besok2 ga usah. Mas Rama dan adiknya paham sih krn td aja mereka ngerasain sendiri gmn penuhnya di kereta berangkat. Mas Rama bahkan duduk terpisah dari gw dan adik2nya krn yah pasti pagi2 gitu seikhlasnya orng yg ksh duduk aja. Alhamdulillah dia ga panik dan diajak ngobrol sama ibu2 sebelahnya katanya. Sampai stasiun kita nyabu dulu sebelum naik bajaj ke RSGM FKGUI. Pulangnya naik kereta lagi lalu lanjut angkot dan jalan kaki. Supaya bisa empati ya sayang2ku sama orng yg hrs ngangkot dan jalan kaki tiap hr krn ga punya fasilitas kendaraan pribadi...


Semoga gigi Dewa cepat beres yaaa.

-the wife-

No comments:

Post a Comment