Thursday, June 4, 2009

junk food oh junk food...

Masa2 kehamilan adalah masa2 dimana sang calon ibu ngejaga banget asupan makanannya. Karena jelas si calon bayi akan mendapat nutrisi seperti apa yang dimakan ibunya. Sapa sih yang ga mau punya anak yang sehat, sempurna, dan cerdas? Maka selama hamil dianjurkan makan buah2an dan sayur2an yang banyak. Lalu minum susu juga harus rutin, minimal sehari 1 kali. Junk food semacam fast food dan yang serba instan harus dihindari sebisa mungkin. Standar bgt yah... Hehehehe..

Semenjak hamil, gw juga selalu menghitung2 dan mencermati makanan yang masuk ke perut gw. Klo stok buah2an di kulkas hampir abis rasanya sediiiiih bgt. Klo gw jarang makan sayur kyknya ngerasa bersalah. Hikss... Junk food? Utk gw relatif gampang dihindari. Apalagi gw tinggal jauh dari jakarta, jadi ga mungkin bisa jajan2 sembarangan. Dan gw perhatiin, ketertarikan utk makan junk food juga hampir ga ada. Beberapa kali sih gw makan, dan setelah itu biasanya gw akan ngitung2 klo mau makan junk food lagi. Minimal harus ada jarak beberapa minggu. Begitu pula dengan mie instant yang notabene banyak kandungan MSG, natrium, dan pengawet yang mecem2.

Nah, hari senin lalu tiba2 gw pengen makan KFC. Setelah nanya ke mas dan mengingat2 kapan terakhir kali gw makan KFC, which was 3-4 months ago, akhirnya gw putuskan untuk beli ayam dan kentang goreng untuk makan siang besoknya. Hari rabu gw 'ngaku dosa' ke ibu2 pengajian. Ternyata reaksi mereka adalah, "Gapapa koq.. makan apapun yang kamu mau asal jangan berlebihan. Jangan sampe pantangan. Nanti bayinya jadi gampang sakit klo ibunya pantangan makan pas hamil..."

First thought...second thought... bener juga yah. Daripada nanti anak gw diare tiap kali makan yang aneh2 mending dari sekarang mulai gw perkenalkan. Toh selama disini gw makan makanan sehat terus krn apa2 gw masak sendiri. Coba klo hamilnya di jakarta. Bangun tidur nungguin tukang bubur atau ketoprak. Lalu siang makan di kantin kantor yang ga jelas bahan2nya dan cara masaknya gmn. Sorean dikit tergoda makan bakso/mie ayam/siomay yang pastinya mengandung msg dan hal2 lain yg kita ga tau. Jadi akhirnya gw memutuskan utk ga terlalu strict dalam masalah makanan. Tapi bottom line-nya jelas. Apapun yang ga sehat harus dibatasi, bukannya bener2 ga dimakan. Toh gw dan mas udah sepakat, ga mau terlalu higienis saat ngerawat anak. Kasian nanti antibodi alaminya ga berkembang dengan baik dan akhirnya gampang sakit2an. Buktinya udah banyak koq...

Hari ini gw makan mie instan utk lunch. Terakhir kali gw makan indomie kira2 2 bulan yang lalu. Kali ini gw ga makan yang merk-nya indomie, tapi Koka. Itu adalah mie instan impor dari singapura. Gw lebih milih makan itu krn bebas MSG. Yah meski ada 100 keburukannya at least gw udah mengurangi 1. Hihihihihi.. Alasan yang aneeh.. Tapi meski udah sok2 menguatkan hati utk makan junk food yang satu itu, begitu abis makan rasa bersalah langsung menghantui. Langsung deh gw tancep gas makan melon 1 slice dan tomat 2 biji utk ngurangin rasa bersalah gw. Hiahahahahaha...

-the wife-

2 comments:

  1. Good Mbak.....
    hehehehe....
    malam ini aku aja dah makan 3 biji jeruk sunkiss dan 1 biji apel... hehehehe

    ReplyDelete
  2. iyaa... bagus utk ngurangin rasa bersalah. hihihihihihi

    ReplyDelete