Thursday, March 5, 2009

4 Maret 2009

Innalillahi wa innailaihi rajiun...

Setelah menderita selama lebih dari 6 minggu, akhirnya Allah memberikan keputusan-Nya yang terbaik untuk adik bungsu gw, Fikri a.k.a Cici. Hari rabu, 4 Maret 2009 pukul 7 pagi, Cici dipanggil kembali ke sisi-Nya. Sebagai manusia biasa, gw sedih bukan main. Hati gw kayak diiris2 tipis sesayat demi sesayat. Perih. Cici masih sangat muda, belum lagi mencapai 17 tahun. Gw juga ga sempet nemenin di saat-saat terakhirnya. Ketika pulang ke Jakarta, yang bisa gw lihat cuma pusaranya aja... Tapi di sisi lain, gw lega dan bahagia. Cici udah ga sakit lagi. Dan Allah memanggilnya dalam kondisi yang sebaik-baiknya. Insya Allah adik bungsu gw pulang secara husnul khotimah. Wajahnya ganteng sekali. Jernih bercahaya. Menurut salah satu warga yang memandikan, proses pemandiannya cepet banget karena tubuhnya sudah benar-benar bersih. Yang mensholatkan juga banyak bgt. Di lingkungan rumah, ga pernah ada sholat jenazah dengan jemaah yang melebihi jemaah sholat Idhul Fitri.

But it happened few days ago, when my little brother passed away...

Allah memang pembuat skenario paling sempurna di seantero jagat raya ini. Kurang lebih seminggu sebelum Cici pergi, ga ada orang rumah yang bisa ngegantiin papa dan mama untuk jaga di rumah sakit. Evi, Rizal, dan Udin sakit. Otomatis papa dan mama secara full menemani anak bungsu mereka sampai saat terakhirnya. Cici juga ga mau papa dan mama sampe sakit. Maka setiap Evi minta papa untuk pulang ke rumah untuk nemenin dia, Cici selalu berpesan, "Pa, jangan deket-deket Mba Evi ya. Nanti papa ketularan. Klo papa sampe ketularan nanti ga bisa nemenin aku..."

Dia juga menjaga mama supaya ga sakit. Cici tau mama ga pernah sempet makan siang setiap kali harus ngejaga dia di rumah sakit. Pertama karena Cici ga bisa ditinggal sama sekali, dan kedua karena ga ada yang bisa dimintain tolong membelikan makan siang. Menyadari hal itu, setiap kali makan siang Cici selalu membagi dua makan siangnya sendiri,

Cici : Ma, ini yg separuh untuk aku, yg separuh lagi untuk mama...
Mama : Ga usah, Ci. Biar semuanya untuk Cici aja. Mama ga laper
Cici : Klo ga makan siang nanti mama sakit. Nanti ga bisa jagain aku di rumah sakit...

Mama akhirnya ngalah dan menuruti kemauan si bungsu.

Beberapa hari sebelum Cici pergi, temannya banyak banget yang jenguk. Mulai dari teman SMP sampe SMA. Saking banyaknya mereka harus masuk bergantian. Ketika mereka pulang, Cici menangis. Menurut mama baru pertama kali itu adik gw menangis ketika temannya berkunjung...

Tepat dua hari sebelum akhir hayatnya, kondisi Cici membaik. Trombositnya yang biasanya ada di kisaran 10 ribuan ketika itu meningkat jadi 100 ribuan. Hb-nya relatif stabil. Dokter akhirnya mencabut selang infusnya karena dianggap sudah tidak penting lagi. Dua hari itu Cici benar-benar ga mau ditinggal papa dan mama. Dia bercanda, ngobrol banyak, tersenyum ke semua orang...

Malam sebelum Cici pergi, Evi minta papa untuk pulang, tapi Cici ga mengijinkan. Dia bilang begini, "Ga usah pulang pa. Besok juga kita semuanya pulang koq..."

Pukul 3 pagi, Cici minta mama untuk ngelap tubuhnya dan ngeramasin rambutnya. Mama menolak karena masih terlalu pagi. Cici agak gundah karena kemauannya ga diturutin. Tapi akhirnya dia meminta hal yang lain, dia minta diambilkan tasbih...

Pukul 5 pagi,

Cici : Ma, sana beres-beres. Mulai bilangin ke orang-orang...
Mama : Beres-beres apa, Ci? Bilangin apa? Mama ga ngerti
Cici : (terdiam)

Pukul 7 pagi Cici pergi sambil terus menyebut nama Allah. Dia melewati masa-masa itu sambil meminta mama dan papa untuk meluk dia. Kata mama, Cici pergi dengan cepat...

Sudah beberapa malam ini gw hampir ga bisa tidur. Ulu hati gw terikat-ikat kesedihan. Tapi gw yakin adik gw udah tenang di alam sana. Cici anak yang baik dan sholeh. Ketika gw mengunjungi pusaranya, gw menemukan banyak surat dari teman-temannya. Surat-surat terakhir untuk Cici. SMS pun tak berhenti masuk ke HP-nya. Semuanya berduka untuk adik kecil gw yang ganteng itu... Semuanya ga percaya dia dipanggil sedemikian cepat... Walaubagaimanapun besarnya kesedihan kami, kami semua ikhlas dengan takdir ini...

Semuanya sangat menyayangi Cici, tetapi ternyata Allah jauh lebih sayang sama dia...

Gw mengucapkan beribu terima kasih kepada semua yang telah memberikan dukungan dan doa untuk Cici dan keluarga kami. Allah sudah memberikan yang terbaik. Seandainya gw boleh berharap, gw ga akan mengharapkan Cici masih disini karena kehidupan dan kematian memang telah ditetapkan secara pasti oleh Sang Pencipta. Yang gw harapkan adalah gw bisa balik ke jakarta sehari lebih cepat, sehingga gw bisa melihat adik gw sampai mata dan liang kuburnya menutup. Tetapi Allah lebih tau mana yang terbaik. Mungkin yang terbaik adalah gw mengenang adik gw Cici sebagai anak yang tinggi, ganteng, lincah, dan ceria...bukan Cici yang terbaring kaku dan ga berdaya... Gw puas karena sempat merawat Cici selama satu minggu ketika gw balik ke Jakarta 1 bulan lalu. Kepuasan itu dan kenyataan bahwa dia pergi dengan kondisi terbaik sudah mencukupi untuk gw...

-the wife-

No comments:

Post a Comment