Tuesday, March 17, 2009

seandainya..seandainya..seandainya...

Seandainya Cici dirujuk lebih cepet...
Seandainya Cici jadi diangkat limpanya...
Seandainya Cici dapet transfusi darah lebih cepet hari itu...
Seandainya...
Seandainya...
Seandainya...

Adik gw udah pergi. Dia udah tenang disana. Tapi yg ditinggalin itu yang susah payah bertahan. Nyokap gw aja sampe sekarang masih suka tiba2 nangis sesenggukan. Katanya pengen banget mimpiin si bungsu tapi blm kesampean sama sekali. Gw sendiri? Yah..pastilah sedih ga berkesudahan. Kayaknya hati gw udah ga utuh lagi semenjak tau adik gw pergi...

Maka dari itu kalimat seandainya2 seperti yg gw tulis di atas mau ga mau terlintas di benak seluruh anggota keluarga gw yg sedang bersedih hati. Tapi biasanya kalimat Cici 2 hari sebelum wafatnya bisa menghindarkan kami semua dari berandai2 lebih jauh,

"Ma...jangan salahin siapa2 ya aku jadi sakit begini. Ga boleh su'udzon..."

Gw tau dari dulu bahwa kita semua sebagai umat islam ga boleh berandai2 karena berandai2 itu dekat dengan setan. Emang bener sihh... kesannya kita ga percaya bahwa yang berkehendak menghidupkan dan mematikan manusia dan makhluk hidup lainnya adalah Allah. Kesannya kita ga bisa nerima takdir yang udah digariskan Sang Pencipta. Kesannya kita mo melangkahi kehendak Allah. Kesannya kita ga percaya akan adanya Allah. Iihh..naudzubillah min dzalik...

Jadi, tiap perbincangan seandainya2 itu mo dimulai, gw selalu berusaha memotong,

"Yah..emang udah sampai waktunya...mo diapain jg Allah udah pengen ngambil dia. Ga bakalan ngaruh... Mungkin Allah emang maunya Cici kembali dalam keadaan utuh, makanya sebelum limpanya diangkat dia udah diambil duluan..."

Pedih bgt tiap kali hrs mengucap itu. Tapi paling engga gw tetep bisa berpegang teguh pada satu hal dalam kondisi rapuh dan menyedihkan kyk sekarang, bahwa segala sesuatunya diatur sesempurna mungkin oleh Sang Pemilik segalanya... termasuk siapa2 yang akan dipanggil-Nya pulang...

Ya Allah, apabila bukan karena iman dan ketakwaan kepada-Mu, niscaya hamba-Mu ini telah binasa karena kepedihan yang terlalu mengiriskan hati...

-the wife-

No comments:

Post a Comment