Sunday, August 1, 2010

Rama is now 11 months old..!

Bahagia.. bahagia... bulan depan si kanjeng ulang tahun. Siapin kado apa yaaa? Hehehehe...



Seperti biasa gw mo cerita tentang bulan ke 10 rama. Saat ini BB rama 8,4kg. Hiahaha.. cuman naik dikiiit bgt. Cuek ah.. :p Sekarang giginya udah 6; 4 di bawah dan 2 di atas. Makin semangat deh klo gigit2 sesuatu. Udah gitu si kanjeng juga udah bisa berdiri tanpa pegangan paling lama 20 detik. Pinter deh anak ibu..! Bentar lagi bisa jalan ya nak.. amiieeen...





Hobinya yg paling baru adalah ngeliatin isi kulkas. Jadi tiap ada yg buka kulkas pasti si kanjeng langsung merangkak secepat kilat sambil teriak2 bahagia. Biasanya gw biarin dia berdiri sambil pegangan di rak pintu kulkas. Rama akan mandangin dan megang2 segala macem botol minuman dengan penuh rasa takjub. Matanya selalu bersinar2 dan senyumnya terus mengembang. Kayaknya semuanya menarik bgt untuk dia. Hihihi... Gemes bgt liatnya.

Rama juga suka bgt bikin gelembung2 dari ludahnya sendiri. Dia tau klo dia kumpulin ludahnya di sekitar bibir dan dia bersuara "maaa.. maaa.. maaa.." pasti ludahnya akan jadi balon. Pertama liat iih jorok bgt, tp lama2 lucu jg krn dia bisa melakukan itu kapanpun dia mau. Berarti kan dia udah ngerti sebab akibat. Klo dia begini maka hasilnya akan begini. Hihihi... Si gundul makin banyak deh tingkahnya..!






Bulan ini jam tidur malem rama kacau balau krn klo pagi dan siang tidurnya lama bgt. Yg biasanya tidur pagi dan siang masing2 paling lama 1 jam, beberapa minggu ini sampe 2 jam lebih. Walah... Dengan begitu klo malem dia ga mau tidur cepet2. Meski gw kelonin dari jam 7 pasti baru akan tidur jam setengah 9 atau jam 9. Malahan pernah sampe jam 11 belum mau tidur juga..! Akhirnya kena marah ibu deh. Begitu dibentak bibirnya langsung nyebeng dan mewek. Tapi rama bayi yg pinter sekali. Dia tau bahwa dia salah klo masih main2 di jam tidurnya. Jadi klo gw udah tegur dengan nada keras pasti langsung deketin gw, mimik susu, dan berusaha bgt utk tidur. Tinggal gw aja yg harus sabar nungguin sampe dia bener2 pules baru bisa ditinggal.

Tempat tidur rama saat ini kami fungsikan sebagai tempatnya bermain klo gw dan mas lagi bener2 sibuk dan ga bisa merhatiin dia. Awalnya masih suka klo ditaro disitu. Tapi lama2 dia tau bahwa itu adalah penjara utk dia. Wkwkwkwkw... Ini nih gw sempet video-in pas dia masih bahagia di penjaranya...



Bulan ini gw perkenalkan makaroni, daun katuk, dan bumbu2 berupa bawang bombay, bawang putih, dan lada utk makanan rama. Jadi klo bikin mash potato atau macaroni schotel udah dikasih bumbu2 di atas supaya lebih enak. Alhamdulillah rama suka dan ga ada masalah dengan pencernaannya. Untuk snack gw kasih creme dessert keluaran Elle&Vire. Itu ada berbagai macam rasa; saveur praline, caramel, coklat, dan vanilla. Rama suka semuanya krn memang enak dan ga terlalu manis. Jadi ga bikin dia eneg.

Sekarang susahnya minta ampun kasih buah ke rama. Yg awalnya dia suka segala macem buah kyk alpukat, pepaya, melon, jambu air, jambu kelutuk, apel, jus jeruk, jus apel, pisang, dan pear, sekarang hiiiiiiyyyy.... Begitu buah2an dideketin ke bibirnya langsung buang muka. Pokoknya kekeuh bgt ga mau buka mulut. Ibu sama bapak sampe geregetan. Mudah2an cuman sementara aja ya.. Tiap hari gw tetep ga kenal lelah berusaha kasih dia buah2an. Paling engga gw kasih jus jeruk. Meski dikit rama mau minum disela2 makan biskuit...

Di pertengahan bulan gw coba kasih rama nasi pake sayur sop. Ternyata dia bisa makan tanpa kesulitan. Makannya juga tetep banyak. Tapi gw putuskan untuk tetep kasih dia bubur tim dulu sampe umurnya setahun lebih. Nasi cuma sekali2 aja deh. Soalnya menurut gw rama masih perlu gizi yg banyak dan compact, dan itu cuma bisa didapat dari bubur tim. Kan gw bisa kasih apa aja tuh di buburnya. Mo dikasih sayuran sebanyak apa juga bisa. Klo makan nasi kan ga bisa kyk gitu. Lauk dan sayur mayur terpisah. Jadinya susah... Udah gitu rama udah bisa minum pake sedotan. Jadi ibu dan bapak udah beliin dia gelas bepergian yg ada sedotannya... :D



Beberapa hari lalu gw baca di babycenter.com klo karakter bayi lebih merupakan bawaan lahir daripada didapat dari pengaruh lingkungan luar. Karakternya ketika dewasa udah bisa keliatan sejak umur 10 bulan..! Wah, dengan begitu gw dan mas udah bisa menyimpulkan karakter rama ketika besar nanti. Karakter ini memang secara konsisten keliatan di si kanjeng sejak dia masih bayi merah sampe sekarang. Klo apa yg ditulis babycenter.com itu bener, maka nantinya rama akan jadi seseorang yg keras kepala, teguh pendirian, galak, pantang menyerah, kuat, tegar, suka becanda, menyenangkan, gampang bergaul, dan suka akan perhatian. Hmmm... kombinasi yg mematikan...! :D

*ps. topi rama di foto pertama itu gw yg bikin sendiri. ga disangka2 jadinya pas dan lucu begitu.. :)

-the wife-

No comments:

Post a Comment