Friday, September 4, 2009

Story about our little prince

Alhamdulillahirabil'alamin, setelah menanti selama 9 bulan akhirnya gw dan mas bisa ngeliat pangeran kecil kami, Bramantya Mirza Irawan. Saat ini sang Rama lagi anteng-anteng di cribs-nya, which is kesempatan langka bgt. Kyknya bentar lagi juga nangis minta mimi. Hihihihi...

Oke, gw akan cerita tentang lahirnya Rama. Perhitungan due date antara gw dan dokternya bener2 ga klop. Menurut itungan gw dan mas (juga dari buletin mingguan yang dikirim lewat e-mail dari fit pregnancy), bayi gw akan lahir tgl 31 Agustus. Sementara dokter kandungan memperkirakan lahir tanggal 8 September. Belakangan dokternya ngerevisi lagi jadi 5 September. Meski sempet bingung tapi gw dan mas mencoba santai. Toh kami udah Siaga 1 sejak usia kandungan gw masuk 38 minggu. Maternity bag tinggal diangkut, skenario A sampe Z udah diatur dan dirembukin sama keluarga dan temen2 Indonesia di sekitar apartemen, dan nomor2 telepon penting juga udah bertengger di deket pesawat telpon rumah supaya gampang menghubungi orang2 klo gw menunjukkan tanda2 akan melahirkan sementara mas di kantor.

Tanggal 29 gw masih exist alias dateng ke buka puasa dan tarawih bersama di Wisma KJRI, dan tanggal 30 gw dan mas jalan2 di sekitaran distrik 1 utk nyari kado ultah untuk diri gw sendiri. Hihihihi.. Nah, tanggal 31 pagi abis gosok2 kamar mandi, gw keluar flek2. Hari itu kebetulan memang jadwalnya konsultasi ke dokter, jadi mas belum ngantor karena mau nganterin gw ke rumah sakit. Setelah diperiksa, dokternya bilang kalo gw udah pembukaan 1. Selain keluar flek2, gw memang udah ngerasain kontraksi yang teratur (kurang lebih tiap 30 menit sekali) meskipun ga sakit sama sekali. Menurut dokter gw bisa lahiran hari itu juga atau besoknya lagi. Kalo sampe tanggal 3 belum lahir juga maka gw akan diinduksi. Dokter menawarkan gw utk early check in, tapi gw dan mas ga mau. Mendingan nunggu di rumah deh. Lebih comfy dan klo ada apa2 kami bisa sampe ke rumah sakit dalam waktu cepet krn jaraknya deket bgt. Sampe rumah mas langsung kirim imel ke bosnya utk minta cuti dan mantengin jam tangan supaya tau jarak antar kontraksi gw.

Sore sekitar jam setengah 4 gw dan mas jalan2 di pelataran apartemen supaya proses persalinan lebih gampang. Kontraksi gw terjadi tiap 10 menit sekali. Rasanya juga udah lumayan sakit meski menurut gw masih manageable bgt. Gw aja masih bisa koq masakin utk mas buka puasa dan telpon2an ama Mba Ana dan Mba Vina. Nah, menjelang maghrib jarak antar kontraksi udah tinggal 5 menit. Lendir2 merah juga udah makin banyak keluar dari rahim gw. Rasa sakit kontraksinya?? Well, dari skala 1-10 gw kasih nilai 7 deh. Wkwkwkw... Kami nelpon mama dan ibu. Menurut mereka itulah saatnya kami ke rumah sakit. Awalnya kami mo nunggu sampe abis isya supaya mas bisa sholat dulu, tapi gw udah ga kuat dan mas juga udah terlalu kuatir. Ya udah deh abis mas buka puasa dan sholat, kami langsung ke rumah sakit. Kira2 saat itu jam 7.15 malem gitu deh. Saat diperiksa sama midwive, gw udah pembukaan 3, just about time to enter the delivery room. Dan dari situlah penderitaan dimulai. Hiahahaha....

Utk yang lagi hamil, gw sarankan utk mulai menyiapkan mental bahwa melahirkan normal tanpa epidural itu sakitnya banget2. Bener kata Ncing Abi, mules2nya rasanya persis kyk mules2 klo mo haid, tapi dikalikan berjuta2. So sori yah, bukannya mo nakutin, tp supaya kalian2 menyiapkan fisik aja supaya fit pas hari persalinan dan punya gambaran mengenai apa yang akan dihadapi. It's really a wonderful experience, tapi tetep sakit bgt. Jangan kuatir, gw yakin tubuh setiap perempuan udah didesain khusus sama Yang Maha Kuasa untuk bisa menahan segala rasa itu. Buktinya orang2 pada mau tuh hamil lagi. Hihihihi...

Well, despite the pain, gw jelas ga bisa mengharapkan persalinan yang lebih lancar lagi dari yang gw alami saat ngelahirin Rama. Mulut rahim gw membuka terus seiring dengan kontraksinya. Kira2 jam setengah 11 midwive bilang bahwa pembukaan gw udah 7 cm, sejam kemudian hampir pembukaan 8 dan kepala Rama udah turun. Nah, abis itu gw beneran udah ga kuat nahan sakit. Yang awalnya gw bisa rilex dan bernapas dengan benar utk mengurangi sakit kontraksinya, saat itu gw cuma bisa bernapas megap2 ala ikan yang dilepas di darat. Gw nangis, zikir, dan menghiba2 ke semuanya supaya dikasih sesuatu utk nahan sakitnya. But it was too late yaa... Akhirnya gw ganti2 posisi supaya sakitnya ga terasa. Mulai dari terlentang, duduk, nungging, miring... tapi tetep ga guna. Hhihihi... Yang ada malahan kepala bayi gw yang posisinya udah bener malah jadi menyamping. Akhirnya pas pembukaan 8 gw diperbolehkan mulai mengedan. Toh kepala bayinya udah kepegang, jadi ga masalah meski pembukaan belum sempurna. Setelah kira2 nge-push 30 menitan akhirnya baby Rama lahir ke dunia. Yihaaaaaa...... Rama lahir tanggal 1 September pukul 00.55 dengan berat 3,4kg dan panjang 52cm. Alhamdulillah sehat dan sempurna.

Dokter sempet menggunting sana sini supaya jalan lahir bayi bisa lebih besar sekaligus untuk menghindari robekan yang jelek yang susah dijahit. Udah ga terasa sama sekali tuh sakitnya pas digunting. Tapi yaaaa pas dijahit. Huaaaaa.... apes bgt gw ga dikasih bius lokal seperti persalinan pada umumnya di Jakarta. Jadi selama dijahit gw teteeuuppp aja nangis2 dan teriak2. Mana dokternya sadistis ga berperasaan gitu. Bukannya ngasih encouragement ini malah gw dimarah2in. Siyaaall..!! Harusnya gw kyk Mba Ana tuh yg nendangin dokternya pas dijahit. Puas kali yah. Hiahahahaha...

Setelah persalinan dan jahitan selesai, gw tetep disuruh nunggu 2 jam di ruang bersalin utk ngeliat ada pendarahan apa engga. Alhamdulillah engga, jadi gw bisa masuk ke kamar perawatan bersama bayi gw dan mas. Syeneeeeng meski cape minta ampun...

Ini foto2 Rama di umurnya yang baru beberapa hari... Please enjoy :D








Sekarang gw selalu mengucap syukur pada Allah karena persalinan gw cepet dan lancar. Gw dan bayi juga alhamdulillah sehat. Karena gw melahirkan secara normal, maka proses pemulihan juga cepet. Beberapa jam setelah melahirkan gw udah bisa jalan sendiri ke kamar mandi utk buang air... Nah, tinggal menyesuaikan aja niyy dengan kehidupan yang bener2 baru. Mudah2an segalanya tetep lancar. Amiieen....

-the wife-

No comments:

Post a Comment