Sunday, September 13, 2009

menjadi orang tua

never cross my mind that become a parent will be this hard...

Saat ini usia Rama genap 2 minggu, berarti tepat 2 minggu gw dan mas tertatih2 berusaha menjalani peran baru kami, menjadi ibu dan bapak. Ternyata susah minta ampun yah...

Ada banyak perasaan yg campur aduk selama 2 minggu ini. Di gw sendiri adalah lega, excited, seneng, sedih, cape... Kyknya gw juga sempet ngalamin baby blue syndrom selama bbrp hari. Pada suatu malam gw mengaku ke mas, "I haven't felt in love with our baby...". It's true... dan setelah gw baca2 ternyata itu adalah perasaan yang wajar. Proses adaptasi dengan kehidupan baru begitu beratnya sampe gw ngerasa terpuruk sendiri. Iyalah. Yang awalnya gw dan mas bisa tidur dan bangun semaunya sekarang hrs menyesuaikan dengan jadwal Rama. Yang awalnya kami bisa semaunya melakukan kegiatan atau pergi2 sekarang hrs mempertimbangkan Rama. Yang awalnya gw bisa seenaknya bermanja2 ke mas kapanpun gw mau sekarang jelas ga bisa lagi krn kami berdua udah terlampau cape mengurus si kecil. Klo ada waktu dimana Rama tidur ya mending kami ikutan tidur utk tabungan klo sampe hrs begadang. Akhirnya muncullah perasaan gloomy. Tp alhamdulillah sekarang udah engga lagi. Makin lama Rama makin jarang nangis dan mulai terlihat pola tidurnya. Jadi gw dan mas bisa lebih santai.

Pernah gw baca di salah satu fesbuk temen, "Menyusui bayi itu penuh perjuangan..." Meski gw tau bayi akan minta disusui tiap 2-3 jam sekali sempet jg gw mikir, alah, menyusui doang apa susahnya sih... Sekarang setelah ngerasain... Wuuiihh.. bener2 perjuangan tiada tara. Klo ga sabar2 hati pasti susu kaleng akan jadi pilihan. Why not? Gampang disiapin, ga pake cape dan sakit. Tapi gw ga pernah mau kyk gitu. Cuma pas ada ortu dan mertua aja tuh Rama dikasih susu kaleng sehari sekali atau dua kali. Alesannya krn ASI gw blm banyak jd mereka kasian liat Rama laper. Itu juga yang menjadi salah satu alasan baby blue syndrom gw. Gw ngerasa ga berguna krn ga bisa ngasih bayi gw ASI dengan cukup... Tapi dengan support dari mas dan temen2, gw bertekad pasti bisa ngasih Rama ASI eksklusif. And I do..! Sejak keluarga balik ke indo gw ngasih bayi gw 100% ASI meski perjuangannya ga kira2. Rama cepet ngantuk klo lg nyusu. Meski udah dikitik2 dan diapain aja tetep deh dia tidur pas baru nyusu 10 menit. Nah nanti 1 jam kemudian pasti rewel dan minta susu lagi. Silakan bayangin klo hrs kyk gitu sepanjang hari. During the day oke lahyaa... tp during the night?? Yg ada senewen deeeh. Hihihihi...

Tapi skrng Rama udah lebih pinter dan terjadwal. Klo siang dia maunya main, ga mau tidur lama2. Nah menjelang isya baru deh dia tidur teratur. Yg gw sebut tidur teratur adalah tidur selama 2-3 jam lalu bangun utk minum ASI atau ganti popok, setelah itu tidur lagi sampai 2-3 jam yg berikutnya. Jd udah hampir ga ada tuh tengah malem nangis kenceng2. I have a good sense about my baby's hunger. Jadi klo tengah malem Rama bangun, biasanya udah gw ambil dr cribs utk gw susuin sebelum dia nangis. Sekitar 40 menit kemudian udah bisa gw taro di cribs lagi krn dia udah tertidur kambali...

Beberapa hari yang lalu gw baca di salah satu fesbuk temen gw bahwa baby-nya dipanggil Yang Maha Kuasa di usia 1,5 bulan. Sejak lahir memang tampaknya ada problem sampe sang baby ga sempet pulang ke rumah. Gw ikutan sediiih bgt. Sampe berhari2 gw sedih krn terbayang klo Rama yg kyk gitu. Maka tiap kali gw mandangin Rama, gw selalu berdoa semoga Allah senantiasa memberi kesehatan utk bayi gw.

Now I'm in love with my baby. Kehidupan gw dan mas juga mulai beranjak ke kehidupan yang normal lagi. Meski lelah dan prihatin menjadi orang tua baru, kami selalu berbahagia tiap ngeliat tingkah Rama kecil. Jadi tiap dia tertidur di cribs-nya, gw dan mas selalu bolak balik ke kamar krn kangen untuk ngeliat. Hihihihi...

Mudah2an Allah senantiasa memudahkan langkah kami untuk menjaga dan mendidik bayi mungil yang Ia titipkan itu. Amiieen...

-the wife-

No comments:

Post a Comment