Saturday, April 6, 2013

Bayiku kena campak :(



Jadi begini kronologisnya:

Senin
Ketika mau mandi sore, badannya juragan Dewa koq agak anget ya. Ketika gw ukur sih memang cuma 37an derajat aja. Meski gitu tidurnya ketika malam udah mulai terganggu.

Selasa
Suhu tubuhnya tetap di kisaran 37 derajat, ditambah rewel dan kalo badannya dipijit2 pasti nangis. Seharian itu cuma mau tidur klo digendong.

Rabu
Pagi2 gw ngerasa Dewa agak membaik, jadinya kami main ke rumah Nenek deh. Tapi koq makin siang dianya makin rewel dan makin panas badannya (tapi krn ga bawa termometer ke rmh nenek jadi ga bs gw ukur). Kata Nenek mungkin badannya ada yg keseleo, toh belakangan ini memang Baby Dewa aktifnya ga karu2an. Tubuhnya suka melintir kesana kemari dan sering jatuh2 klo lagi merembet. Ya udah deh, gw panggil Mpok Mar utk memijat sang juragan. Biasanya Dewa ga pernah nangis klo dipijat, tapi kali ini malahan nangis kejer. Berarti beneran sakit ya badannya. Malam hari panas tubuhnya makin menjadi. Setelah diukur, suhunya 38,5. Okey, waktunya kasih penurun panas. But it didn't work. Dewa malah muntah hebat. Jadi semalaman itu gw dan mas stand by aja menunggui bayi yg tidurnya ga bisa nyenyak krn sakit. Kami putuskan utk bawa dia ke dokter kalo sampe jumat pagi belum turun juga panasnya (--> Klo dipikir2 kyknya kami ortu yg kejam ya. Koq setelah berhari2 demam baru mo dibawa ke dokter? Masalahnya, keputusan kami itu juga didasari pada pengalaman selama ini. Berkali2 kami dengan paniknya cepet2 ke dokter ketika anak demam, akhirnya cuma pulang dengan kecewa sambil bawa penurun panas dan surat pengantar utk tes darah klo sampe hari ke-3 demamnya belum turun juga. Jadi sekarang tiap kali anak demam ya kami perhatikan saja suhu tubuhnya dan tanda fisiknya. Kalo suhunya msh di bawah 39 derajat dan ga ada kejang2, menggigil berlebihan, dan tidak lesu ketika demamnya turun setelah diberi penurun panas, maka kami akan menunggu sampai 3 hari baru ke dokter).

Kamis
Nah, alhamdulillah badannya udah dingin. Seharian itu dia juga tidur terus. Mungkin karena badannya udah enak ya, plus masih lemes juga krn msh dalam masa penyembuhan. Berarti ga usah ke dokter. Yeaayyy... Tapi tidur malamnya koq masih belum nyenyak yaaa?

Jumat
Pagi2 ketika diajak nemenin Mas Rama sepedaan keliling kompleks, gw memperhatikan bahwa di wajahnya Dewa (sekitar mata dan kening) ada ruam2 gitu. Gw pikir cuma biang keringat aja or mungkin kena ASI ketika disusui (krn Dewa ini punya 'kulit kaisar', which is kulitnya super sensitip :p). Pas gw tunjukin ke nenek, komentarnya adalah, "koq kayak campak ya..". Tapi gw ga percaya. Masa iya sih bayi umur segitu udah kena campak? Lagian kyknya lagi ga ada epidemi campak deh. Malamnya gw perhatikan koq ruamnya tambah banyak. Kali ini sampe ke badan dan punggung. Mas langsung telpon Mbah Ti. Kata Mbah Ti kemungkinan besar memang campak. Apa perlu dibawa ke dokter? Kalo dari yang kami baca, klo ruam2nya udah keluar dan ga demam siy katanya ga usah ya. Yang penting dijaga agar anak ga dehidrasi aja, plus ruamnya dibedaki utk mengurangi ketidaknyamanannya. Yasud, malam itu kami ke apotik utk beli caladine lotion.

Sampai hari ini (minggu-red) ruam2nya masih ada, tapi sudah menunjukkan tanda2 akan berkurang. Mas Rama kemarin bertanya, "Bu, itu Baby Dewa kenapa koq mukanya jerawatan?" Hihihihi.... Gapapa ya jerawatan, yg penting udah mulai ceria lagi, manjat2 lagi, dan merondang kesana kemari.

-the wife-

No comments:

Post a Comment