Sunday, July 29, 2012

Hamil dan puasa

Alhamdulillah, bulan suci yang dinanti sudah tiba. Saat ini udah hari ke 10 lhoo, dan gw lebih bersyukur lagi karena bisa tetap puasa dengan lancar meski perut lagi buncit2nya (saat ini hamilnya udah 35w4d)...

Awalnya mas agak keberatan karena kuatir BB bayinya kurang. Tapi gw berjanji akan makan baik2 saat buka puasa dan sahur untuk mengejar nutrisi dan kalori. Tiap hari gw jg memohon pada Allah supaya dikasih kekuatan dan kesehatan untuk bisa menjalankan ibadah yg cuma setahun sekali ini. Alhamdulillah so far so good. Ga ada keluhan apa2. Klo laper ya manusiawi lahyau. Paling2 terasa laper pas jam 4 ke atas. Kadar lapernya juga masih normal, kyk puasa pas ga hamil.

Inilah trik yg gw jalankan supaya bisa tetap puasa ketika hamil besar:
Buka puasa --> Minum 300ml jus, es buah, banyak air putih, dan cemilan. Sepulang dari taraweh baru makan nasi, minum 300ml jus lagi, air putih yg banyak, dan minum vitamin.

Sahur --> Krn udah gede gini perutnya jd ga bisa masuk makanan dan minuman sekaligus banyak. Jadi gw sengaja bangun jam 3 (subuh jam 4.45) supaya bisa makan dan minum sebanyak2nya. Ketika sahur itu perut gw hrs bisa menampung setengah liter air jeruk peras hangat, 600ml air putih, 200ml susu, 2 buah pisang atau satu pisang+cemilan, dan nasi beserta lauk pauknya. Hihihi...banyak bgt kan. Pokoknya semuanya utk menjamin bahwa puasa tetap dijalankan dan baby beserta ibunya tetep sehat2 :)

Sabtu lalu periksa ke dokter. So far BB gw naik 8kg dan BB bayinya antara 2,5kg-3kg. Tekanan darah normal, kepala bayi konsisten di bawah, ga ada lilitan tali pusar di leher, plasenta letaknya bagus, dan volume air ketuban msh oke (masih di atas 14cm). Diperkirakan akan lahir tepat sebulan lagi. Yeaaay.....

Masih ada to do list utk baby yg belum terlaksana niy, diantaranya adalah packing maternity bag dan keluarin+bersihin tempat tidur bayi. Wiken ini harus terlaksana semuanya ya ibu...

Btw, hari ini sampai rabu ada jadwal konsinyering lagi. Hihihi, kasian bapaknya Rama krn puasa2 gini ditinggal istri nginep. Tadi sih udah kasih pesen seabreg2 ke si mba utk siapin buka puasa dan sahur utk bapaknya Rama. Mudah2an keadaan di rmh baik2 aja deh selama gw ga ada. Amiieen...

-the wife-

No comments:

Post a Comment