Sunday, November 20, 2011

What were us without Rama?



Rama pernah membuat perjanjian dengan neneknya; Dia akan tidur di rumah nenek utk nemenin nenek di saat tante evi jalan2 ke Pulau Tidung. Ternyata si tante ga jadi pergi, tapi nenek tetep minta Rama nginep. Gw pikir gapapa lah, toh Rama udah sepenuhnya disapih dan klo tidur malem ga pernah bangun lagi sampe pagi. Bapak ga setuju, tapi gw paksa2 utk mengijinkan. Alasannya adalah, kami harus melakukan apapun yg bisa membuat Rama jadi anak yg lebih mandiri dan tidak terlalu tergantung sama ibu bapaknya.

Ketika hari itu datang, rencananya gw mo minta si mba nganterin Rama ke rumah nenek agak sore2an aja supaya dia ga terlalu kangen rumah. Tapi sejak pagi Rama udah ribut mo ke tempat nenek. Meski udah gw tahan2 tetep ga mempan. Abis ngemil nata de coco dan satu lembar keju dia ngomong gini, "Bu, panggil mba dong.." Lho, emang kenapa koq mo panggil mba? Jawabannya, "Mo ke tempat nenek..." Ya sudahlah, gw minta si mba nganter Rama saat itu juga, which is jam 10 pagi dengan bekal satu tas kecil yg isinya celana, celana dalam, baju tidur, satu buah diaper, dan satu mini cornetto utk tambahan cemilan.

Seharian ga ada Rama rasanya rumah sepi kyk kuburan. Rumah udah bersih. Gw pun ga perlu masak krn Indah berinisiatif beli lauk dan sayuran di kantin sastra. Kerjaan project ga ada krn report terakhir udah di-submit. Buku bacaan juga udah abis. Maka kerjaan gw hari itu adalah nonton tv. Jarang bgt gw bisa nonton TV krn biasanya Rama yg menguasai TV dengan channel Disney Junior-nya. Pas Rama ga ada itu gw sampe mo muntah2 nonton TV sendirian. Hihihihi. Beneran mati gaya deh seharian itu krn ga ada yg bisa dikerjain. Udah gitu sore2 Indah ngajar. Mas baru pulang abis maghrib. Itu pun gw yg menghiba2 lewat telpon supaya pulang cepet2. Abisnya rumah sepiiiii. Hikss...

Fyi, gw beberapa kali nelpon mama utk nanyain tentang Rama. Mama bilang dia ga nanyain ibunya sama sekali, apalagi minta pulang. Seharian di rumah nenek kesibukannya adalah dengerin lagu anak2, makan cemilan banyak2, ngajak nenek beli roti di warung, dan ngeliatin anak2 yg main bola di lapangan belakang rumah. Neneknya mancing2 ngajak dia pulang, dan dia ga mau..! Huhuhuhu tega nian anak kecilku... :( Padahal ibunya kyk cacing kepanasan krn ketar ketir mikirin si anak bawel yg setengah mati ngangenin itu. Jam dinding rasanya ga jalan2. Padahal biasanya waktu kyk berlari krn gw selalu sibuk kasih Rama makan, ngajak dia ke toilet utk pipis, mandiin dia, dll.

Makin malam si ibu makin sedih. Apalagi pas lihat tempat tidur Rama kosong. Gw sibuk sms-an sama Evi utk tau perkembangan kegiatan Rama. Terakhir Evi sms adalah mengabarkan bahwa Rama udah bobo dengan gampangnya. Hikss... Padahal gw ngarep bgt Rama nangis2 nyariin ibunya menjelang waktu tidur. Rasanya bener2 mo garuk2 aspal deh.. :(

Dengan kejadian hari itu gw menyadari bahwa ternyata bukan Rama yg tergantung sama ortunya, tp ortunya yg tergantung sama dia! No wonder, sejak hari pertama Rama melihat dunia, kehidupan gw dan mas memang berputar di sekeliling si kecil yg lucu itu. Tawanya, tangisnya, teriakan2nya, atau suara barang2 jatuh krn kecerobohan Rama udah jadi suara keseharian kami. Ketika itu ga ada, walaaaah....dunia rasanya suram dan sepi. Akhirnya gw tidur sore2 saking mati gayanya dan supaya hari cepat menjadi pagi. Tapi itupun susah. Hati gw rasanya sesak sampe mo nangis krn kangen sama anak yg lagi nginep di gang sebelah. Huhuhuhu. Sediiiiiiiih....

Aniwei, di postingan ini gw juga mo mengabarkan update dari 2 tulisan sebelumnya. Tomatnya udah banyak yg merah dan tiap hari gw ambilin yg udah matang. Pohon2nya jadi jelek bgt krn keberatan buah. Akhirnya kemarin sebagian besar gw pangkas. Ini foto ketika masih bagus. Heran ya, masih kecil tp udah merah. Kyknya lahannya terlalu sempit deh..



Trus mengenai toilet training Rama, update terbaru adalah dia udah ga pake diaper lagi tiap waktu tidur. Kami nekat aja krn merhatiin diaper dia yg selalu kosong tiap kami cek pagi2. Lagipula kalaupun dia ngompol tempat tidurnya gampang diangkat utk dijemur. Udah sebulan ini dia tidur tanpa diapers, dan so far cuma ngompol 2 kali. Alhamdulillah...

-the wife-

No comments:

Post a Comment