Thursday, September 22, 2011

Menyapih Rama



Mau cerita tentang menyapih Rama niy. Bagi yg anaknya ASI ekslusif, menyapih ini bisa dibilang proses yg menyaramkan dan banyak juga yg ga berhasil. Jadi anaknya ngempeng ke ibunya terus sampe kadang umur 5 tahun (kyk bapaknya Rama. Hahahaha...). Nah, lama sebelum proses menyapih, gw udah tanya sana sini mengenai pengalaman menyapih. Ada yg bilang mimiknya hrs dilumurin jamu, obat merah, betadine, dll. Ada jg yg bilang mimiknya hrs ditempel hansaplas. Yg gw ikuti adalah cara Mba Nanda, yaitu mengkomunikasikannya secara verbal. Maka sejak beberapa bulan sebelum usia Rama 2 tahun, gw udah menyampaikan pesan kepada Rama bahwa sebentar lagi dia ga akan mimik susu ibu lagi krn sudah besar. Malu sama temen2, gitu dalih gw. Gw yakin Rama ngerti ucapan2 gw. Tandanya? Setiap kali gw ngomong begitu dia selalu nangis. Tapi tetap gw sampaikan pelan2.

Proses menyapih Rama gw bagi dalam tahapan2 supaya dia ga kaget. Semua terentang dalam waktu satu bulan. Gw mulai ketika dia berumur 23 bulan. Saat itu gw coba utk ga kasih ASI klo ngelonin Rama di malam hari. Malam pertama dan kedua masih nangis2 dengan heboh. Meski begitu gw tetep ga kasih ASI. Gw coba hibur dengan cerita2 binatang (karangan gw sendiri) dan nyanyi2an. Alhamdulillah dia bisa tidur tuh. Malam ketiga dia udah ga nangis lagi. Begitu dia minta ASI dan gw bilang ga boleh mimik ASI, dia pasrah dan tidur sendiri.

Nah, setelah tidur malam ga masalah tanpa ASI, gw menerapkan ga boleh mimik ASI jg klo mo tidur siang. Awalnya masih nangis2, tapi ga lama kemudian dia jadi terbiasa. Apalagi gw juga kadang ada rapat di siang bolong, dimana akhirnya Rama bobo sambil dinyanyiin neneknya. Jadi begitu seterusnya. Saat ini Rama cuma gw kasih ASI klo terbangun di malam hari dan gw terlalu ngantuk untuk nyanyi atau cerita. Sejak disapih, Rama rata2 cuma terbangun sekali setiap tidur malam. Malahan kadang2 ga bangun sama sekali. Mungkin bisa tidur nyenyak gitu krn sebelum tidur minum susu UHT segelas ukuran 150ml. Jadinya perut kenyang yaa.

Pokoknya bangga punya anak kayak Rama. Segala2nya serba gampang. Dulu menyapih empengnya gampang, dan sekarang menyapih ASI juga gampang. Dari dulu gw biasakan minum air atau apapun dengan gelas dan sedotan. Maka dia ga kenal dot sama sekali. Lumayan bgt utk mencegah kebiasaan ngedot yg kata orng2 juga susah dilepasnya. Tapi gw yakin, kebiasaan apapun itu klo orang tuanya memang bertekad kuat pasti bisa dihentikan. Yg penting adalah selalu semangat dan berani tega sama anak. Ayo, kita ajarkan anak2 cinta yg tegas...:)


ps. Semangat terus yaa utk ibu yg kasih ASI ekslusif. You're the best deh!

-the wife-

No comments:

Post a Comment