Wednesday, January 13, 2010

Rama's growth spurt period

Istilah Growth Spurt sendiri gw dapet dari Mbak Nanda (tengkyu Mbaaa.. mmuuaaahh..). Setelah browsing2 di internet, gw dapet deh pengetahuan yg cukup mengenai apa growth spurt ini. Secara gampangnya, growth spurt adalah berubahnya pola tidur dan pola menyusui bayi akibat adanya perkembangan yang signifikan baik pada jasmani, otak, maupun pada gerakan motoriknya seperti akan mulai membalik (tengkurep dan sebaliknya), merangkang, berjalan, dsb... Biasanya terjadi ketika bayi berusia 7-10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan 9 bulan.

Tanda2nya kurang lebih:

1. Pola tidur bayi berubah. Yang biasanya tidurnya nyenyak dan ada jadwal yang tetap ini jadi agak ngaco dan putus2 tidurnya...

2. Bayi menjadi lebih sering minta mimik dan maunya nempel terus ke ibunya alias ngempeng. Biasanya para ibu jadi agak panik dan kuatir bayinya kelaparan terus karena sang ibu ga cukup memproduksi ASI. Tapi ternyata engga begitu. Bayi yang sedang mengalami growth spurt memang bertendensi untuk lapar terus menerus dan manja. Makanya jadi sering banget minta mimik. Yang awalnya mungkin mimik tiap 2 jam sekali, pada masa growth spurt bisa jadi tiap jam mimiknya. Ibunya jadi cape?? Itu pasti. Tapi klo memang semangat ASI yaaa apa boleh buat. Apa aja mesti dijalani kaan...

3. Jadi rewel. Bayi yang udah tenang2, bisa main2 sendiri kalo ibunya sibuk mengerjakan pekerjaan rumah, ketika growth spurt bisa berubah jadi super cranky. Dikit2 nangis. Ini akibat dari yg dua di atas ituu. Ketika tidur ga bisa nyenyak dan perut terus2 laper, maka ga heran bayi jadi rewel.

Bisa diliat kan gimana bapak sama ibunya akan jadi cape bgt saat bayinya mengalami growth spurt. Tidur malam terganggu, aktifitas rutin juga terganggu gara2 bayi maunya nyusu terus, ditambah kuping jadi sakit karena bayinya sering nangis. Makanya bapak ibunya harus ekstra sabar. Hehehehe.... Tapi tenang aja, growth spurt ini cuma akan berlangsung 2-3 hari atau paling lama 1-2 minggu. Setelah itu akan balik ke kondisi awal lagi plus bayi jadi lebih pinter... :)

Nah, minggu lalu Rama bener2 nunjukin 3 gejala di atas. Sejak umur satu bulan lebih sedikit, tidur malemnya kan udah pinter bgt. Bisa tidur 10-13 jam dengan mimik 3 kali lalu abis mimik bobo lagi tanpa ribut2. Tiap kali mimik juga cuma 5-10 menit, setelah itu bibirnya ditutup sebagai tanda ga mau mimik lagi. Tapi ga kyk gitu tuh pas minggu lalu. Bobonya bentar2 kebangun lalu nangis. Selalu ngulet sana sini, miring kanan kiri, nendang2... Klo disusuin maunya lamaaaaa. Trus sepanjang pagi dan siang nyusu hampir tiap jam. Waduuuhh, sempet kuatir juga nih sang bapak dan ibu. Takut banget Rama kelaparan karena ASI kurang. Lagipula kami berdua liat pertambahan beratnya ga terlalu banyak selama sebulan ini. Sempet berpikir untuk dikasih makan lebih awal. Tapi si mas bilang nanti dulu aja deh, sayang kan tinggal 1,5 bulan lagi ASI ekslusif. Ya udah deh, kami berusaha bersabar. Dan ternyata kemarin Mba Nanda bilang Rama lagi mengalami growth spurt. Ahhh... tenang deh kita berdua... :)



-the wife-

1 comment:

  1. pengetahuan baru nih, untuk calon mommy kayak aku..
    makasih udah share yaa...:)
    salam kenal dan ijin follow..
    *salaman*

    ReplyDelete