Friday, June 8, 2018

Our (unintended) pet

Cerita bermula ketika kurang lebih 8 minggu lalu ada kucing yang beranak di dalam pot di halaman rumah. Anaknya ada 3. Saat hujan turun, kami ga tega membiarkan ibu kucing dan anak2nya itu kehujanan. Maka potnya kami geser ke tepi teras.

Nah, keesokan harinya kucing2 itu hilang!! Anehnya, malam2 kami malah menemukan ibu kucing di kolong kasur kamar depan. Kata bapang itu artinya 3 anaknya juga ada di dlm kamar. Gw dan Mas Rama screening lemari dan pojokan2 secara singkat. Kalau ada anak kucing pasti kan ada bunyinya ya.... Tapi kami ga menemukan apa2. Sekitar subuh gw denger ibu kucing mengeong2 sambil berusaha naik ke atas jendela kamar. Ya jelaslah dia ga bisa masuk kamar krn jendelanya ketutup. Akhirnya jendela dibuka si bapang. Kami ikuti kemana ibu kucing itu pergi. Ternyata dia masuk ke dalam lemari yang malamnya udah gw tilik2. Setelah semua baju dikeluarin keliatan deh tuh cimeng2 yg masih merah :(


Akhirnya kami kasih kardus dengan alas vitrage yg udah sobek2 sebagai sarang bagi ibu kucing dan anak2nya. Kami taro di pojokan teras. Kalau ada makanan sisa kami kasih ke ibu kucing yg msh harus menyusui anak2nya. Kejadian anak2nya dipindah ke dalam lemari sempet terulang 1 kali lagi, tp habis itu ga pernah lagi.


Yg bikin kami heran adalah sebulan lalu ketika kami pulang ke rumah, anak kucingnya tinggal 2. Ibu dan anak yg satu lagi ga ada. Waduuwww...langsung deh tuh gw cari2 di dalam lemari kamar tp ga ada. Ditunggu sampe keesokan harinya jg ga keliatan sama sekali. Gw mencoba menajamkan kuping sapa tau ada di bagian rumah yg lain, tp semua sunyi senyap. Yang kasian adalah anak2 kucing yg ditinggal. Mereka masih kecil bgt dan pastinya br bisa minum susu. Ya udah deh, akhirnya kami kasih susu UHT putih 3 kali sehari. Krn blm bs minum sendiri maka gw suapin pakai pipet. Alhamdulillah saat ini udah bisa minum sendiri dari mangkok.


Bagaimana dengan Mas Rama, Mas Dewa, dan Betari? Wuuiiihh mereka hepi beratttt dengan adanya makhluk kecil yg lucu2 itu. Apalagi kan masih kecil jd ga bs cakar2 atau gigit2. Yasud, dijadiin mainan deh tuh. Betari sudah menyatakan kepemilikannya terhadap kucing yg belang abu2. Sementara Mas Rama dan Mas Dewa kebagian yg semburat hitam coklat. Bangun tidur yg dicariin adalah si mpus. Pulang sekolah pun demikian. Mereka sangat excited ngajak main dan kasih susu ke anak2 kucing itu.

Sebagai tambahan susu, gw bikin bubur tuna utk si anak kucing. Alhamdulillah pada mau makan itu. Kami juga mandiin si mpus di kamar mandi. Anak2 seneng bukan main krn dpt pengalaman baru mandiin kucing. Hahahahaha...

Tapi kasihan, ketika kami mandiin yg ketiga kalinya, si mpus kecil malah jadi flu berat. Selama beberapa hari kucing yg awalnya sudah montok dan lincah jadi kuruuuus dan cm mau tiduran aja. Huhuhu...karena kasihan, di hari ke 5 flu akhirnya kami bawa ke dokter hewan. Ga nyangka deh dalam perimeter 2km dr rumah kami ada dua dokter hewan dan pet shop gede2 gitu. Ya udah, akhirnya disuntik vitamin dan diresepin antibiotik dan obat tetes mata. Selama 3 hari gw dan anak2 nyekokin bubur dan susu ke anak2 kucing itu pakai spuit, plus kasih obat juga. Alhamdulillah di hari ke 4 pasca ke dokter sudah mau makan sendiri. Sekarang udah lincah dan mulai menggendut lagi :)

Begitulah cerita tentang mengapa kami skrng punya peliharaan. Nah, apakah kami akan pelihara utk seterusnya? Well, gw sih udah bilang ke anak2 bahwa kami akan buang kucing2 itu apabila sudah lebih besar dan bs cari makan sendiri. Makanya sampai sekarang kucing2 itu ga kami kasih nama.

-the wife-

No comments:

Post a Comment